Pengaruh Model Cooperative Script Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Aktivitas Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam Dan Potensi Lain Di Daerahnya Pada Siswa Kelas IV SDN Gayam Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017


Author (Penulis)

DIAN RESTIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0056

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran guru jarang menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam KBM. Dalam pembelajaran yang dilakukan guru tidak menggunakan model dan media yang berfariasi dan menarik, hal ini hanya akan merangsang kemampuan kognitif peserta didik saja tanpa mengembangkan kemampuan afektif siswa. Permasalahan Penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya dengan menggunakan Model Cooperative Script tanpa didukung media visual? (2) Bagaimana kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya dengan menggunakan Model Cooperative Script didukung media visual? (3) Adakah pengaruh penggunaan Model Cooperative Script didukung media visual terhadap kemampuan mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Gayam. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, lembar hasil belajar. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 70 siswa sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 35 siswa SDN Gayam 1 untuk kelas kontrol dan 35 siswa SDN Gayam 2 untuk kelas eksperimen. Bentuk instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa silabus, rpp dan lembar observasi. Teknik Pengumpulan data berupa soal. Analisis data yang digunakan rumus uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya kelas IV SDN Gayam dengan mengunakan model Cooperative Script (naskah kooperatif) tanpa didukung media visual tergolong rendah berdasarkan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 16 siswa dengan presentase 46%. (2) Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya kelas IV SDN Gayam setelah diberi model pembelajaran Cooperative Script (naskah kooperatif) didukung media visual meningkat dan motivasi belajar siswa lebih tinggi berdasarkan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 25 siswa dengan presentase 72%. (3) Melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script (naskah kooperatif)) didukung media visual, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya kelas IV SDN Gayam menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, dan hal itu dapat dilihat dari hasil ????????????????????????? ? ???????????????????????? yaitu 2,468 dan 1,668.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI