PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA (TOKOH, TEMA, LATAR, AMANAT) KELAS V SDN NGADIREJO 5 TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DIANA MEGA PUSPITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0055

Abstract

ABSTRAK Diana Mega Puspita: Pengembangan Media Scrapbook pada Materi Mengidentifikasi Unsur Cerita (Tema, Tokoh, Latar, Amanat) Kelas V SDN Ngadirejo 5 Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal di SDN Ngadirejo 5 yang menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi dasar mengidentifikasi unsur cerita (tema, tokoh, latar, amanat) kelas V SD guru belum menggunakan media pembelajaran. Hal itu menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak memahami materi yang diajarkan.Hasilnya, nilai yang diperoleh siswa rata-rata di bawah KKM.Karena itu dikembangkan media Scrapbook untuk meningkatkan minat belajar siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan siswa dapat mengembangkan dan menyerap materi yang diajarkan dengan baik.Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mendeskripsikan prosedur media Scrapbook pada materi mengidentifikasi unsur cerita (tema, tokoh, latar, amanat) V SDN Ngadirejo 5 dan (2) untuk menjelaskan produk hasil pengembangan media Scrapbook pada materi mengidentifikasi unsur cerita (tema, tokoh, latar, amanat) V SDN Ngadirejo 5 berdasarkan pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan.Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan produk.Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dalam Sugiyono (2015: 38) yang terdiri atas lima tahap prosedur pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Produk media Scrapbook yang dihasilkan berukuran 30cm x 25cm yang terbuat dari kertas manila, kertas karton dan kertas linen dengan berjumlah 7 lembar atau halaman. Media Scrapbook setelah melakukan validasi pada ahli perangkat pembelajaran, media, dan soal.Hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan tabel kriteria kevalidan 3.6 dari validator perangkat pembelajaran memperoleh 83, validator 1 memperolehnilai 84 dan validator 2 memperoleh nilai 91. Validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata 87,5 dan validasi soal mendapat nilai 83. Berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji coba luas di SDN Ngadirejo 5, diperoleh data hasil uji kepraktisan dengan skor kuantitatif dari guru dan siswa sebanyak 90 dan 93, yang berada pada rentang skor kualitatif 81-100 dengan keterangan sangat praktis. Sedangkan hasil uji keefektifan media pada siswa dengan menggunakan soal evaluasimemperoleh rata-rata nilai kuantitatif 84 dari total 30 siswa, dengan rincian 25 siswa memperoleh nilai ? KKM 75, dan 5 siswa memperolah nilai < KKM 75. Kata kunci: pengembangan media Scrapbook, materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI