PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DIDUKUNG MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN KAMPUNGDALEM
Author (Penulis)
MEI DANAYA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0053
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh tanpa model Problem Based instruction (PBI) didukung media poster terhadap kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. (2) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based instruction (PBI) didukung media poster terhadap kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh tanpa model Problem Based instruction (PBI) didukung media poster dengan penggunaan model Problem Based instruction (PBI) didukung media poster terhadap kemampuan siswa mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Kampungdalem 3 dan SDN Kampungdalem 4 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes berupa soal pilihan ganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh signifikan tanpa penggunaan model Problem Based instruction (PBI) didukung media poster terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Kampungdalem Kota Kediri. (2) Terdapat pengaruh sangat signifikan penggunaan model Problem Based instruction (PBI) didukung media poster terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Kampungdalem Kota Kediri. (3) Ada perbedaan pengaruh signifikan antara tanpa penggunaan dibanding penggunaan model Problem Based instruction (PBI) didukung media poster terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Kampungdalem Kota Kediri dengan keunggulan pada penggunaan model Problem Based Instruction(PBI) didukung media poster.