PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP MAHKLUK HIDUP SISWA KELAS IV SDN NGADIREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

TIKA AVIDASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0052

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan melalui metode ceramah, pemberian tugas atau lebih berorientasi pada peran guru dan tanpa adanya media pembelajaran. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam kemampuan mendeskripsikan daur hidup mahkluk hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan daur hidup beragam jenis mahkluk hidup dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan daur hidup beragam jenis mahkluk hidup dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) didukung media visual (3) Untuk mengetahui pengaruh model Student Facilitator and Explaining (SFAE) didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup beragam jenis mahkluk hidup. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Static Group Comparation. Subyek yang akan diteliti adalah siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 dan SDN Ngadirejo 5 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes berupa soal pilihan ganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan mendeskripsikan daur hidup beragam jenis mahkluk hidup dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 dinyatakan dalam kategori kurang baik. (2) Kemampuan mendeskripsikan daur hidup beragam jenis mahkluk hidup dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE ) didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 dinyatakan dalam kategori baik. (3) Ada pengaruh signifikan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) didukung Media Visual terhadap kemampuan mmendeskripsikan daur hidup beragam jenis mahkluk hidup siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Student Facilitator and Explaining (SFAE), Media Visual, Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Mahkluk Hidup.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI