Pengembangan Modul IPS Dalam Materi Mendeskripsikan Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang Pada Siswa Kelas V SDN Burengan Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

YUNI MUKAROMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0051

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti bahwa pembelajaran IPS di SD Burengan belum mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penggunaan metode ceramah dan penggunaan bahan ajar yang tidak sesuai dengan bahasa yang digunakan siswa, serta bahan ajar yang tidak dapat dapat menarik minat siswa dalam belajar secara mandiri maupun kelompok. Dampak dari masalah tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mendesrkipsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah modul yang telah digunakan dalam materi mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Burengan Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah modul yang telah dikembangkan dalam materi mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Burengan Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah menggunakan modul yang telah dikembangkan dalam materi mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Burengan Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode pengembangan 4D (four D model), dengan subyek peneilitian SDN Burengan I, III, dan IV Kediri. Penelitian pengembangan dilaksanakan dalam tiga siklus, yakni, validitas, uji coba terbatas, dan uji coba luas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Modul yang digunakan sebelum dilakukan pengembangan belum mencapai tujuan pembelajaran secara optimal dan memliki beberapa kekurangan baik dalam aspek desain maupun kandungan materi. Hal ini dibuktikan dari data ketuntasan siswa mencapai 50%. (2) modul yang telah dikembangkan yakni berupa modul IPS, dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa.. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli diperoleh rata-rata presnetase 83%, dan angket respon siswa diperoleh rata-rata 79,3% maka sesuai dengan skala likert modul IPS dalam mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dinyatakan valid. (3) Hasil belajar siswa menggunakan modul IPS yang dikembangkan yakni Modul IPS meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji –t, thitung > ttabel yaitu 3,365 > 1,990 dan Sig 2-tailed 0,001 < 0,005. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5%. Kata Kunci: Bahan Ajar IPS, Modul IPS, Hasil belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI