ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SOAL CERITA KPK dan FPB SISWA KELAS 5 SDN LIRBOYO IV KEDIRI TAHUN AJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

DYAH AYU SUHARTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0048

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada fakta di lapangan bahwa saat siswa mengerjakan soal Matematika dalam bentuk soal cerita seringkali siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal sehingga siswa tidak dapat mengerjakan dengan benar dan membutuhkan waktu yang lama. Begitu sebaliknya, saat siswa mengerjakan soal Matematika yang dirumuskan secara matematis, siswa dapat mengerjakan dengan benar dan tidak memerlukan waktu yang lama. Kesulitan belajar Matematika dalam mengerjakan soal cerita tersebut harus bisa diketahui karakteristik kesulitan belajar Matematika, dengan tujuan agar guru bisa lebih mudah mengkondisikan siswa dalam menerima materi pelajaran dengan sebaik mungkin khususnya pada pada materi soal cerita. Dengan demikian, dilakukan Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Soal Cerita KPK dan FPB. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan karakteristik siswa yang mengalami kesulitan belajar Matematika, 2) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar Matematika dan 3) Solusi untuk menyelesaikan masalah kesulitan belajar Matematika pada materi soal cerita KPK dan FPB siswa kelas 5 SDN Lirboyo 4 Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 SDN Lirboyo 4 Mojoroto Kota Kediri pada Semester 1 Tahun Ajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Sumber data diperoleh dari siswa dengan menghasilkan data hasil kerja siswa, sumber data pendukung berasal dari guru dan orangtua dengan menghasilkan data berupa angket faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar matematika beserta solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kesulitan belajar Matematika pada materi soal cerita KPK dan FPB di Sekolah Dasar termasuk dalam jenis karakteristik kesulitan dalam bahasa dan membaca dikarenakan lebih dari 50 % siswa kesulitan ketika mengubah soal cerita ke dalam bentuk Matematis. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar Matematika pada materi soal cerita KPK dan FPB diantaranya yaitu dari hasil angket guru dan orangtua siswa dapat disimpulkan bahwa lebih dari 70% guru dan orangtua siswa kelas 5 SDN Lirboyo 4 Kediri mendukung proses pembelajaran di sekolah. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu guru bisa melakukan program remedial teaching (pengajaran perbaikan) diluar jam pelajaran atau jam tambahan dengan tujuan setelah dilakukan program remedial teaching (pengajaran perbaikan) siswa yang nilainya di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) bisa mengalami peningkatan dalam memahami dan mengubah soal cerita KPK dan FPB menjadi bentuk Matematis. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Matematika, Soal Cerita KPK dan FPB

Keyword

Kesulitan belajar, Matematika, Soal Cerita KPK dan FPB

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade