PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI DAUR HIDUP BERAGAM JENIS MAKHLUK HIDUP KELAS IV SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

OPI ANDARISTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0047

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPA di SD kelas IV yang hanya menggunakan multimedia interaktif namun belum mampu meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran tersebut sehingga tujuan pembelajaran tersebut belum tercapai secara maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pengembangan multimedia interaktif dengan macromedia flash pada materi daur hidup beragam jenis makhluk hidup pada siswa kelas IV sekolah dasar ? (2) Bagaimana kualitas dari multimedia interaktif dengan macromedia flash 8 jika dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media terhadap materi daur hidup beragam jenis makhluk hidup pada siswa kelas IV sekolah dasar ?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall dengan 10 tahapan, antara lain: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) uji coba produk akhir, (9) revisi produk akhir, dan (10) implementasi. Sumber data validasi media diperoleh dari ahli media yang merupakan seorang animator, sumber data ahli materi diperoleh dari dosen UN PGRI Kediri sedangkan sumber data praktisi diperoleh dari guru kelas IV. Uji coba dilakukan dengan tiga kali uji coba, (1) uji coba skala kecil diuji cobakan pada 10 siswa, (2) uji coba skala sedang diuji cobakan pada 15 siswa, (3) uji coba skala luas diuji cobakan pada 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis macromedia flash pada materi daur hidup beragam makhluk hidup memperoleh tingkat kevalidan pada uji kevalidan dari ahli media dan materi sebesar 94,65% (valid digunakan) sedangkan pada uji kepraktisan diperoleh dari praktisi dan angket respon siswa sebesar 83,3 % (dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil keefektifan multimedia interaktif diperoleh dari hasil belajar sisw a pada uji coba luas melalui uji t independet samples test dengan hasil thitung 3.576 > t tabel 2,0484 karena thitung > t tabel maka ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 terhadap siswa kelas IV pada pembelajaran IPA materi daur hidup beragam makhluk hidup. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 pada materi daur hidup beragam makhluk hidup kelas IV merupakan media pembelajaran yang mempunyai kualitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Multimedia Interaktif, Macromedia Flash 8, Daur Hidup Hewan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI