PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DIDUKUNG MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN POHSARANG, KECAMATAN SEMEN, KABUPATEN KEDIRI, TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ANA EKA FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0046

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Penguasaan materi tanpa menggunakan model Picture and picture didukung media Puzzle. (2) Mengetahui Penguasaan materi dengan menggunakan model Picture and picture didukung media Puzzle. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan model Picture and picture didukung media Puzzle terhadap penguasaan materi daur air pada siswa kelas V SDN Pohsarang Kecamatan Semen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Pohsarang I dan SDN Pohsarang II, Kec. Semen, Kab. Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar validasi sintak model dan media, lembar tes berupa soal pilihan ganda dan uraian, analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penguasaan materi siswa kelas V SDN Pohsarang II Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dalam materi daur air tanpa menggunakan model Picture and picture didukung media Puzzle masih cenderung rendah dan nilai rata-rata kelas di bawah KKM (75,00). Penguasaan materi yang masih rendah ini dibuktikan dengan hasil post test pada kelas kontrol yaitu 74.58 < 75,00 dan hasil uji paired menunjukkan sig. 2 tailed 0,183 > 0,05. (2) Penguasaan materi siswa kelas V SDN Pohsarang I menggunakan model Picture and picture didukung serta media Puzzle sudah baik dan nilai rata-rata kelas diatas KKM(75,00). Hal ini dibuktikan dengan hasil post test pada kelas eksperimen yaitu 84.54 > 75,00 dan hasil uji paired menunjukkan sig. 2 tailed 0,008< 0,05. (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung 9.172 > ttabel 1,675 dengan taraf signifikan 5%. Sesuai dengan norma hipotesis yang digunakan yaitu “jika thitung > ttabel dengan taraf signifikasi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan model Picture and picture didukung media Puzzle terhadap penguasaan materi daur air pada siswa kelas V SDN Pohsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. KATA KUNCI : Picture and picture, media Puzzle, dan Daur Air.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI