PENGARUH MODEL JIGSAW DIDUKUNG MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH PADA SISWA KELAS V SDN PUHSARANG KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ELIZABETH ARIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0045
Abstract
ABSTRAK
Elizabeth ariyani. Pengaruh model jigsaw didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Puhsarang kecamatan semen kabupaten kediri tahun ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengidentifikasi jenis-jenis tanah menjadi rendah dan dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang aktif, kreatif dan kurang semangat. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan media yang menarik yaitu model pembalajaran jigsaw didukung media nyata.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mangajukan 3 tujuan penelitian sebagai berikut (1) Untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Jigsaw didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Jigsaw tanpa didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017. (3) Untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan pengaruh model Jigsaw didukung media nyata dibanding model pembelajaran Jigsaw tanpa didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah padaa siswa kelas V SDN Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri atas soal pilihan ganda berjumlah 25 soal. Analisis data menggunakan rumus uji t.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Jigsaw didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. (2) Penggunaan model Jigsaw tanpa didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Jigsaw tanpa media nyata dibanding dengan model Jigsaw tanpa media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Puhsarang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dengan keunggulan model Jigsaw didukung media nyata.
Kata Kunci : Jigsaw, mengidentifikasi jenis-jenis tanah.