PENGARUH MODEL TREFFINGER DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN PUHSARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

HELENA IRA INDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0044

Abstract

ABSTRAK Helena Ira Indriani : Pengaruh Model Treffinger didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V Semester II di SDN Puhsarang Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Puhsarang, bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung guru masih cenderung menggunakan metode ceramah tanpa didukung dengan model ataupun metode pembelajaran yang lain. Akibatnya pembelajaran berjalan monoton dan siswa pasif pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini mempunyai 3 tujuan sebagai berikut : 1) Untuk membuktikan ada–tidaknya pengaruh model Treffinger didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Puhsarang Kabupaten Kediri. 2) Untuk membuktikan ada–tidaknya pengaruh model Treffinger tanpa didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Puhsarang Kabupaten Kediri. 3) Untuk mengungkapkan ada-tidaknya perbedaan pengaruh antar model Treffinger didukung media realia dibanding model Treffinger tanpa didukung media relia terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Puhsarang Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain Pre-Test-Post-test Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian kelas V SDN Puhsarang Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data berupaya tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Treffinger didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya thitung 12,059 serta ketuntasan klasikal mencapai 81,29%. (2) Pengaruh model Treffinger tanpa didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya thitung 7,553 serta ketuntasan klasikal mencapai 73,38%. (3) Ada perbedaan pengaruh antara model Treffinger didukung media realia dibanding penggunaan model Treffinger tanpa didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan keunggulan pada pengaruh model Treffinger didukung media realia dengan mean kelompok eksperimen 81,29 > mean kelompok kontrol 73,38. Kata Kunci : Model Treffinger, Media Realia, Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI