PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TERBIMBING IPA PADA MATERI MEMAHAMI GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK BENDA ATAU SUATU BENTUK BENDA KELAS IV SEMESTER II SDN BURENGAN 3 KOTA KEDIRI TAHUN 2016/2017
Author (Penulis)
ERNA PUJIASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0041
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa LKS yang sering digunakan saat ini cenderung hanya berisikan rangkuman maeri dan latihan soal. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk LKS berbasis inquiry terbimbing IPA pada materi memahami gaya dapat mengubah gerak benda atau suatu bentuk benda. Model Penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan LKS berbasis inquiry terbimbing IPA pada materi memahami gaya dapat mengubah gerak benda atau suatu bentuk benda kelas IV semester II SDN BURENGAN 3 Kota Kediri. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan LKS berbasis inquiry terbimbing mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan (1974) yang terdapat 4 tahahapan dalam penelitian dan pengembangan yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Pada penelitian ini menghasilkan draf berupa LKS berbasis inquiry terbimbing IPA pada materi memahami gaya dapat mengubah gerak benda atau suatu bentuk benda kelas IV semester II SDN BURENGAN 3 Kota Kediri. LKS berbasis inquiry terbimbing memperoleh respon yang baik dari guru kelas IV. Hasil dari angket respon guru diperoleh rata-rata 87,5% dan memperoleh saran dan kritik yang positif terhadap pembelajaran yang menggunaan LKS berbasis inquiry terbimbing. LKS berbasis inquiry terbimbing memperoleh respon baik dari siswa kelas IV setelah digunakan untuk pembelajaran. Hasil dari angket respon siswa yang berjumlah 36 siswa diperoleh rata-rata 91,65% dengan kriteria cukup baik terhadap pembelajaran yang menggunaan LKS berbasis inquiry terbimbing.
Kata kunci: LKS berbasis inquiry terbimbing, model pengembangan 4D