PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG METODE INQUIRY DAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH SISWA KELAS V SDN JAGALAN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
EVY NUR HAFIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0038
Abstract
ABSTRAK
Evy nur hafidah Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Didukung Metode Inquiry dan Media Konkret Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-Jenis Tanah Siswa Kelas V SDN Jagalan Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, skripsi, PGSD, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi dari cara mengajar guru SDN Jagalan 1 khususnya guru kelas V masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah serta penyampaian materi masih terpaku pada buku teks. Sumber belajar siswa berasal dari buku LKS. Jika keadaan ini dibiarkan terus menerus siswa menjadi kurang berkembang dan kurang aktif selama proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran juga tidak akan tercapai secara maksimal begitu juga dengan hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Groub Investigation didukung metode Inquiry dengan media Konkret terhadap kemampuan mengidentitfikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Jagalan Kota Kediri. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Groub Investigation didukung metode Inquiry tanpa media Konkret terhadap kemampuan mengidentitfikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Jagalan Kota Kediri.(3) Untuk mengetahuai perbedaan pengaruh model Group Investigation didukung metode Inquiry dengan media Konkret dibanding model Group Investigation didukung metode Inquiry tanpa media Konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V SDN Jagalan Kota Kediri Tahun ajaran 2016/2017
Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, yaitu penelitian dengan dua kelompok terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa, kelas kontrol 17 siswa dan eksperimen 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Analisis yang digunakan adalah statistik inferensial dan uji t dengan menggunakan prgram SPSS 23 For Windows.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat diketahui : (1) ada pengaruh model Group Investigation didukung metode Inquiry dengan media Konkret terhadap kemampuan mengidentitfikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Jagalan Kota Kediri Tahun ajaran 2016/2017, hasil uji paired samples test thitung = 7,807> ttabel 5% = 2,074. (2) ada pengaruh model Group Investigation didukung metode Inquiry tanpa media Konkret terhadap kemampuan mengidentitfikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN Jagalan Kota Kediri Tahun ajaran 2016/2017, dengan hasil uji paired samples test thitung = 5,800 > ttabel 5% = 2,120. (3) ada perbedaan pengaruh model Group Investigation didukung metode Inquiry dengan media Konkret dibanding model Group Investigation didukung metode Inquiry tanpa media Konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V SDN Jagalan Kota Kediri Tahun ajaran 2016/2017, dengan uji-t independent dimana thitung = 5,574> ttabel 5% = 1,686 dengan keunggulan nilai rerata post test kelompok eksperimen adalah 87,9 lebih besar dari nilai post test kelompok kontrol adalah 72,94.
Kata kunci : Model Group Investigation, Metode Inquiry, Media Konkret, Jenis-Jenis Tanah