PENGARUH PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA BERDASARKAN PENJELASAN YANG DISAMPAIKAN SECARA LISAN PADA KELAS III SDN NGLETIH 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

WASIK KHOLIFATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0034

Abstract

ABSTRAK Wasik Kholifatun : Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Berdasarkan Penjelasan yang Disampaikan Secara Lisan pada Siswa III SDN Ngletih 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD. KD 1.1 melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang dilakukan peneliti bahwa ada siswa yang belum bisa memahami tentang keterampilan menyimak. Hal ini menyebabkan hanya 40% siswa yang mencapai KKM. Disebabkan guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan variasi permainan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menggunakan permainan bisik berantai dalam pembelajaran melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi :(1) Bagaimana keterampilan menyimak siswa dengan menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan permainan bisik berantai pada siswa kelas III SDN Ngletih 1 kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?, (2) Bagaimana keterampilan menyimak siswa menggunakan metode ceramah dengan menggunakan permainan bisik berantai pada siswa kelas III SDN Ngletih 1 kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?, dan (3) Adakah pengaruh penggunaan permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak pada siswa kelas III SDN Ngletih 1 kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Eksperimental Desaign dengan pretest-postest control group design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SDN Ngletih 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal piliihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) keterampilan menyimak berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan dengan menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan permainan bisik berantai siswa kelas III-B SDN Ngletih 1 Kota kediri dikategorikan sedang dengan rata-rata ? 75%, (2) keterampilan menyimak berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan dengan menggunakan permainan bisik berantai siswa kelas III-A SDN Ngletih 1 Kota Kediri dikategorikan tinggi dengan rata-rata > 75%, (3)terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak siswa berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan siswa kelas III-A SDN Ngletih 1 Kota Kediri, hal ini dapat diketahui bahwa thitung x yaitu 7,49 dan ttabel dengan db sebesar 50 yaitu 2,5, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak pada taraf signifikansi 5% dan hipotesis kerja (Ha) diterima atau terbukti benar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru dapat memanfaatkan permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak siswa untuk memudahkan dan membantu penyampaian materi melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI