PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT UTAMA DALAM PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV SDN BLIMBING DAN SDN KALIRONG 2 TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WILIS INDAH PURNAMASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0033

Abstract

ABSTRAK WILIS INDAH PURNAMASARI : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Dalam Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing Dan Kalirong 2 Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: Model Pembelajaran, CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition), Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Dalam Paragraf Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pengamatandan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut dapat dilihat pada motivasi belajar siswa yang redah sehingga berdampak pada hasil pembelajaran siswa ynag rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kovensional terhadap kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf pada siswa kelas IV SDN Kalirong 2?, (2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (cooperative integrated reading and composition) terhadap kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf pada siswa kelas IV SDN Blimbing?, (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas IV SDN Kalirong 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (cooperative integrated reading and composition) pada siswa kelas IV SDN Blimbing terhadap kemampuan menemukan kalimat utama paragraf?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yang digunaan adalah siswa kelas IV SDN Blimbing dan SDN Kalirong 2. Penelitian ini menerapkan satu kali perlakuan, menggunakan instrument berupa RPP, dan pemberian Tes sebelum dan sesudah belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran efektif yaitu model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), melalui model ini siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dan mengaktifkan kegiatan pembelajaran siswa. Berdasarkan kesimpulan di rekomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) adalah untuk mengaktifkan kembali semangat belajar siwa serta mengembangkan kemampuan bekerjasama. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) guru masih perlu meneliti terus-menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)sesuai dengan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI