PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT UTAMA DALAM PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV SDN BLIMBING DAN SDN KALIRONG 2 TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
WILIS INDAH PURNAMASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0033
Abstract
ABSTRAK
WILIS INDAH PURNAMASARI : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC
(Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan
Kalimat Utama Dalam Paragraf Pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing Dan Kalirong 2 Tahun
Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Kata kunci: Model Pembelajaran, CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition),
Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Dalam Paragraf
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pengamatandan pengalaman peneliti,
bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan
dominasi pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Hal
tersebut dapat dilihat pada motivasi belajar siswa yang redah sehingga berdampak pada hasil
pembelajaran siswa ynag rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran
kovensional terhadap kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf pada siswa kelas
IV SDN Kalirong 2?, (2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC
(cooperative integrated reading and composition) terhadap kemampuan menemukan kalimat
utama dalam paragraf pada siswa kelas IV SDN Blimbing?, (3) Adakah perbedaan pengaruh
model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas IV SDN Kalirong 2 dengan model
pembelajaran kooperatif tipe CIRC (cooperative integrated reading and composition) pada
siswa kelas IV SDN Blimbing terhadap kemampuan menemukan kalimat utama paragraf?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subjek
penelitian yang digunaan adalah siswa kelas IV SDN Blimbing dan SDN Kalirong 2. Penelitian
ini menerapkan satu kali perlakuan, menggunakan instrument berupa RPP, dan pemberian Tes
sebelum dan sesudah belajar siswa.
Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran efektif yaitu model pembelajaran CIRC
(Cooperative Integrated Reading and Composition), melalui model ini siswa mengalami
peningkatan hasil belajar yang signifikan dan mengaktifkan kegiatan pembelajaran siswa.
Berdasarkan kesimpulan di rekomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan model
pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) adalah untuk
mengaktifkan kembali semangat belajar siwa serta mengembangkan kemampuan bekerjasama.
Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang
mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) guru masih perlu meneliti terus-menerus,
untuk membuktikan apakah pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and
Composition)sesuai dengan karakteristik siswa.