PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI PERJUANGAN TOKOH KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SDN JOHO II DAN III TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NUR CHOHAR FATAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0031

Abstract

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI PERJUANGAN TOKOH KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SDN JOHO II DAN III TAHUN AJARAN 2016/2017 NUR CHOHAR FATAH 13.1.01.10.0031 Fakaultas Keguruan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kerabatnur@gmail.com Nama Dosen Pembimbing 1. Drs. Heru Budiono, M.Pd. 2. Erwin Putera Permana, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPS di SD menuntut siswa untuk menghafal materi yang diberikan. Sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang diminati oleh siswa Dengan demikian proses pembelajaran tersebut mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang memperhatikan materi pelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan siswa terhadap materi menghargai perjuangan tokoh kemerdekaan tanpa menggunakan media audio visual. (2) Kemampuan siswa terhadap materi menghargai perjuangan tokoh kemerdekaan dengan menggunakan media audio visual (3) Adakah pengaruh penggunaan media audio visual dengan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN SDN Joho II dan SDN Joho III kec. Pace Nganjuk. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar test berupa soal pilihan ganda, dan lembar obeservasi. Untuk menganalisis data ini peneliti menggunakan program SPSS 16 for windows. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghargai perjuangan tokoh kemerdekaan tanpa menggunakanmedia audio visual pada siswa kelas V SDN Joho II masih di bawah KKM, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pre-test sebesar 41,60 dan nilai rata-rata pos-test sebesar 47,00. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghargai perjuangan tokoh kemerdekaan tanpa menggunakanmedia audio visual pada siswa kelas V SDN Joho III mencapai nilai di atas KKM, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pre-test sebesar 44,29 dan nilai rata-rata pos-test sebesar 77,62. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menghargai perjuangan tokoh kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Joho II dan III Tahun Ajaran 2016/2017, yang dibuktikan dengan hasil analisis Independent sampel T Test pada uji hipotesis 3 diperoleh thitung sebesar 9.976 sedangkan ttabel dengan menggunakan taraf signifikan 5% adalah sebesar 1.680 (9.976 > 1680). Kata Kunci: Media, Audio visual, Menghargai Perjuangan Tokoh Pahlawan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI