PENGEMBANGAN MEDIA HIDEN CHART PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI JENIS MAKANAN HEWAN PADA SISWA KELAS IV SD KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

TANJUNG FAJAR AYU RIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0030

Abstract

ABSTRAK Tanjung Fajar Ayu Riyani: Pengembangan Media Hiden Chart Pembelajaran Mengidentifikasi Jenis Makanan Hewan Pada Siswa Kelas IV SD Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: media hiden chart, mengidentifikasi jenis makanan hewan. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi penelitian dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDI Al Huda Kota Kediri kurang mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran, lebih didominasinya peran guru, masih menggunakan metode ceramah, dan hanya memanfaatkan LKS sebagai media pembelajaran. Hal ini menjadikan suasana pembelajaran menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil pengembangan media hiden chart pembelajaran mengidentifikasi jenis makanan hewan pada siswa kelas IV SD Kota Kediri, (2) Mengetahui apakah media pembelajaran dalam bentuk hiden chart yang diterapkan valid, efektif dan menarik sebagai media pembelajaran pada siswa kelas IV khususnya di bidang Ilmu Pengetahuan Alam dengan kompetensi dasar mengidentifikasi jenis makanan hewan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media hiden chart pada materi mengidentifikasi jenis makanan hewan. Media hiden chart atau bisa disebut bagan tertutup merupakan bagan yang memberikan pesan secara visual dengan sebuah kombinasi yang saling berkaitan dimana penyampaiannya tidak secara langsung. Bagan ini menggunakan lembaran yang dapat dibuka dan ditutup per bagiannya. Penelitian ini merupakan penelitiaan pengembangan yang bertujuan mengembangkan media hiden chart pembelajaran mengidentifikasi jenis makanan hewan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar tahun ajaran 2017. Model pengembangan yang digunakan adalah research and development metode Borg dan Gall dengan subjek penelitian siswa kelas IV B SDI Al Huda Kota Kediri. penelitian ini dilaksanakan dengan sembilan tahapan, (1) tahapan identifikasi ptensi dan masalah, (2) tahapan pengumpulan data, (3) tahapan desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) Uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba penggunaan, (9) revisi akhir media hasil pengembangan. Kesimpulan hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan media hiden chart pembelajaran mengidentifikasi jenis makanan hewan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, respon guru terhadap media Hiden Chart yang telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh respon positif. Hasil perolehan nilai dari angket lembar observasi guru tersebut mencapai 93,3% dengan criteria sangat baik dan hasil perolehan rata-rata angket lembar observasi siswa mencapai 93,51% dengan rentang kriteria penilaian 81-100.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI