Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda Siswa Kelas III SDN Burengan 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017
Author (Penulis)
ANGGUN CHUSNUL CHOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0027
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan LKS di SD yang masih mengarah pada aspek kognitif saja dan kurang memperhatikan aspek afektif dan psikomotor siswa. Guru hanya menggunakan LKS sebagai salah satu fokus pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk bahan ajar berupa LKS berbasis Discovery Learning pada materi mendeskripsikan perubahan sifat benda untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Prosedur pengembangan LKS mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang mencakup 4 tahap yaitu pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini yaitu respon guru terhadap LKS berbasis Discovery Learning yang telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh respon baik. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil angket respon guru yang lebih dari 50% jawaban guru termasuk dalam kriteria sangat setuju. Respon siswa terhadap LKS berbasis Discovery Learning memperoleh respon positif dari siswa. Hal ini dibuktikan melalui presentase jawaban siswa yaitu 10 pernyataan memiliki kriteria baik yaitu nilai presentase ? 50%. Selain itu, kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda dengan menggunakan berbasis Discovery Learning pada siswa kelas III SDN Burengan 2 Kota Kediri mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil pretes terhadap 2 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Sedangkan pada nilai postes siswa mengalami peningkatan yaitu hanya 1 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM.
KATA KUNCI: LKS, Discovery Learning, model 4D