PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) IPA BERBASIS INQUIRY TERBIMBING PADA MATERI MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SDN BANJARAN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
BINTI SOLEKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0026
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa LKS yang sering digunakan saat ini cenderung hanya berisikan rangkuman materi dan latihan soal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKS IPA berbasis inquiry terbimbing pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan LKS IPA berbasis inquiry terbimbing mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran ADDIE dari Reiser dan Molenda yang terdiri dari 5 fase yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Hasil validasi LKS termasuk kategori valid dengan skor rata-rata penilaian tiga validator sebesar 3,39. Pada uji coba terbatas angket respon guru diperoleh persentase sebesar 95,83% dengan kriteria baik dan angket respon siswa sebesar 95% dengan kriteria cukup baik serta pada uji coba luas angket respon guru diperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria baik dan angket respon siswa sebesar 85% dengan kriteria cukup baik. Kesimpulan hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan draf LKS IPA berbasis inquiry terbimbing pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V Sekolah Dasar, respon guru dan siswa terhadap LKS IPA berbasis inquiry terbimbing pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V Sekolah Dasar yang telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh respon positif.
KATA KUNCI: LKS, inquiry terbimbing, ADDIE