Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Dengan Metode Demonstrasi Didukung Media Konkrit Terhadap Kemampuan Mendiskripsikan Hubungan Antar Struktur Panca Indera dengan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kenayan Kabupaten Tulungagung TA. 2016-2017


Author (Penulis)

SEPTI WIDIASTUTI SATMIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0025

Abstract

ABSTRAK

Septi Widiastuti Satmika : Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining Dengan Metode Demonstrasi Didukung Media Konkrit Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Struktur Panca Indra Dengan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kenayan Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/ 2017.

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDN 1 Kenayan Kabupaten Tulungagung masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibat suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari semangat belajar siswa yang kurang, sehingga hasil belajarnya juga rendah. Disamping itu dari hasil penelitian terdahulu tentang pengaruh model SFAE, pengaruh metode Demontrasi dan pengaruh media konkrit terhadap hasil belajar  terbukti rata-ratanya meningkat signifikan diatas KKM sekolah. Peneliti bertujuan menggabungkan ketiga unsur tersebut yaitu Model SFAE, metode Demontrasi dan Media konkrit sekaligus  untuk melihat keefektifannya dalam meningkatkan rata-rata hasil belajar terhadap pembelajaran IPA materi Mendeskripsi hubungan struktur Panca Indra dengan fungsinya karena karakteristik materinya yang sesuai.

Permasalahan dalam penelitian adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan hubungan antar struktur panca indra dengan fungsinya sebelum menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Metode Demonstrasi didukung Media Konkrit Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kenayan Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/ 2017, dan (2)  Bagaimana kemampuan mendeskripsikan hubungan antar struktur panca indra dengan fungsinya setelah menggunakan model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Metode Demonstrasi didukung  Media Konkrit pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kenayan Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/ 2017 ? (3). Apakah ada pengaruh model student facilitator and explaining dengan metode demonstrasi didukung media konkrit terhadap peningkatan kemampuan mendeskripsikan hubungan antar struktur panca indra dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN 1 Kenayan Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/ 2017 ?

 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Kenayan Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dengan  memberikan pretest dan posttest yang menunjukkan hasil belajar.

Simpulan hasil penelitian ini adalah 1) Sebelum menggunakan Model Student Facilitator And Explaining dengan tanpa  Metode Demonstrasi tidak Didukung Media Konkrit rata-ratanya sebesar 76,31 diatas KKM sekolah sebesar 75. 2) Setelah menggunakan model student facilitator and eksplaning dan metode Demontrasi didukung media Konkrit sebesar 82,98 diatas KKM sekolah sebesar 75. 3. Ada pengaruh yang signifikan Model Student Facilitator And Explaining dengan Metode Demonstrasi Didukung Media Konkrit dalam meningkatkan kemampuan mendiskripsikan hubungan struktur panca indra dan fungsinya dengan didapat hasil uji paired t-test, yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05. Dari beberapa faktor baik rata-rata, standar deviasi, nilai tertinggi, varian, dll terbukti meningkat semuanya sehingga dapat kita simpulkan pengaruhnya meningkatkan secara positif atau signifikan.

 

Kata Kunci : SFAE, Demonstrasi, Media Konkrit, Hasil Belajar


Keyword

SFAE, Demonstrasi Media Konkrit, Hasil Belajar

Reference

Daftar Pustaka

Suryosubroto, B. (2002). Mengenal Pengajaran disekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses

Belajar mengajar. Jakarta: Balai Pustaka.

 

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

 

Sudjana, Nana. (2014). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Anglesindo

Mulyatiningsih, Endang. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

 

Darmad, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alphabeta: Bandung.

 

Firman, Harry. (2010). Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Rahyubi, Heri. (2014). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

 

Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

 

Sudjana, Nana. (2014). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Anglesindo.


PUBLISHED

2019-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade