PENGARUH MODEL TTW (think talk write) TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 MUNJUNGAN KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

M.BADARUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0024

Abstract

M. Badarudin : Pengaruh Model TTW(think talk write) Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Munjungan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Kemampuan menjelaskan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya tanpa menggunakan Model Pembelajaran TTW (think talk write) pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Munjungan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. (2) Kemampuan menjelaskan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya menggunakan Model Pembelajaran TTW (think talk write) pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Munjungan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek.(3)Adanya pengaruh Model Pembelajaran TTW (think talk write) terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Munjungan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek.Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian 40 siswa kelas IV SDN 4 Munjungan. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah uji t. satu kelompok (hipotesis 1 dan 2) dan uji t dua kelompok (hipotesis 3).Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Pembelajaran sebelum penggunaan Model TTW (Think Talk Write) berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, terbukti dari nilai thitung (4,190) > ttabel 5%(2,093) dengan nilai rerata kurang yaitu 68,55 (2) Pembelajaran sesudah penggunaan Model TTW (Think Talk Write)sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, hal ini terbukti dari nilaithitung (4,161) > ttabel 5%(2,093) dengan rerata 84,75 (3) Ada pengaruh sangat signifikan penggunaan model TTW(think talk write). KATA KUNCI :Model TTW(think talk write),mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-09-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI