Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif True or False dengan Mengaitkan Permasalahan Nasionalisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Menghargaai Jasa Pahlawan dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Kelas V Semester 2 di SDS Pawyatan Daha 1


Author (Penulis)

NUR INDAH LAILIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan bahwa dari jumlah keseluruhan siswa kelas V SDS Pawytan Daha 1 Kota Kediri yang kemampuan berikir kritisnya masih rendah dan nilai diatas kriteria ketuntasan minim tidak ada separuh dari jumah keseluruhan siswa. Guru masih mengunakan paradigma tradisional dalam proses pembelajran yaitu masih belum menggunakan metode/strategi/model yang dapat mengaktifkan siswa dan masih sering menggunkan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah metode pembelajran aktif true or false pada materi menghargai jasa pahlawan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDS Pawyatan Daha 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang berpikir kritis tinggi maupun yang berpikir kritis rendah menggunakan metode pembelajran aktif true or false materi menghargai jasa pahlawan siswa kelas V SDS Pawyatan Daha 1 Tahun Ajaran 2016/2017 Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian One Grup Pre Test Post Test. Sampel peelitian ini sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi, lembar observasi dan hasil belajar siswa (testulis). Analisis yang digunakan adalah statistik deskritif dan uji t dengan menggunakan prgram SPSS 23 For Windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Sig (2- tailed) 0,80 > taraf signifikan 5% atau 0,05 dan nilai rata-rata pre test = 63 dan nilai rata-rata post test = 76 Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) kemampuan berpikir kritis siswa materi menghargai jasa pahlawan menggunakan metode true or false pada siswa kelas V SDS Pawyatan Daha 1 Tahun Ajaran 2016/2017 mengalami peningkatan yaitu dari 2 siswa yang berfikir kritis tinggi, setelah menerapkan metode true or false meningkat menjadi 6 siswa. Kemudian siswa yang mendapat nilai > KKM yaitu sebanyak 21 siswa atau 92% sehingga meningkat, 2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan kemampuan berfikir kritis siswa menggunakan metode pembelajaran aktif true or false materi menghargai jasa pahlawan siswa kelas V SDS Pawyatan Daha 1 Tahun Ajaran 2016/2017 ditunjukan dengan nilai t-hitung adalah 1.854 < t-tabel (5%) 2.101 dan nilai signifikan 0,80 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI