PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN SATUAN WAKTU, PANJANG, DAN BERAT PADA SISWA KELAS IV SDN GAYAM KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

PRADITA AYUKUSUMASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0021

Abstract

Pradita Ayukusumasari. Pengaruh Metode problem solving terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat pada siswa kelas IV SDN Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017, Skipsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar dengan satuan waktu, panjang, dan berat menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode problem solving. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah model pembelajaran metode problem solving berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat pada siswa kelas IV SDN Gayam 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 ? (2) Apakah metode ceramah berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat pada siswa kelas IV SDN Gayam 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 ? (3) Adakah perbedaan pengaruh metode problem solving dibandingkan dengan metode ceramah terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat pada siswa kelas IV SDN Gayam 1 dan 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2016/ 2017 ? Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian True Eksperimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Desain. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gayam. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan metode problem solving berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat, Hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (8,204) > ttabel 1% (2,724). serta dengan ketuntasan mencapai 86,10% diatas KKM. (2) Penggunaan metode ceramah berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat, thitung (2,898) > ttabel 1% (2,719) namun demikian ketuntasan ketuntasan 41,01% (3) Ada perbedaan pengaruh antara metode problem solving dibanding dengan metode ceramah terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat. Hal ini terbukti thitung th = 4,035> tt 1% = 2,674 dengan keunggulan pada penggunaan metode problem solving yang terbukti dari hasil diatas rata posttest kelompok eksperimen 84,44 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok kontrol 72,70. Kata Kunci : Metode problem solving, metode ceramah, menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI