Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Sifat Wujud Benda Kelas IV SDN Kayen Kidul Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

LILIS DWI NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0020

Abstract

Abstrak Lilis Dwi Ningsih : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Sifat Wujud Benda SDN Kayen Kidul Kediri, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyak siswa yang pasif dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV. Hal tersebut terjadi di karenakan siswa merasa bosan jika hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja dan kurangnya model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa menjadi lebih aktif, kreatif serta belum adanya media penunjang pembelajaran yang sesuai. Pengembangan Lembar Kerja Siswa menjadi dasar dalam penelitian ini. Tujuan dari pengembangan Lembar Kerja Siswa ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing untuk kelas IV sebagai bahan ajar pendukung pada proses pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4-D (Define, Desing, Development, Dessimination). Penelitian ini menggunakan model Penemuan Terbimbing dengan subjek siswa kelas IV pararel SDN Kayen Kidul. Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa validasi praktisi, validasi ahli desain, RPP dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: Analisis kevalidan ahli praktisi 89,12% dan ahli desain 95% dikatakan LKS tersebut sangat valid. Dengan diperoleh hasil tersebut, maka LKS Berbasis Penemuan Terbimbing dapat digunakan pada proses pembelajaran. Analisis kepraktisan diperoleh rata-rata sebesar 93,125% dan hasil angket respon siswa 87,62% sehingga LKS dapat diterapkan sesuai tujuan pembelajaran. Analisis keefektifan diperoleh hasil sebesar 79,54%. siswa tuntas dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh dalam hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan: (1) Guru sebaiknya memiliki kemauan serta ketrampilan untuk mengkondisikan siswanya dalam sebuah pembelajaran (2) Guru harus tetap mengembangkan ilmu yang baru agar pembelajaran yang dilaksanakan di kelas tidak membosankan, (3) Dalam sebuah pembelajaran guru mampu menghidupkan suasana yang menyenangkan dengan menggunakan LKS Penemuan Terbimbing serta menjadi fasilitator untuk siswa dalam melaksanakan percobaan dalam LKS ini. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Penemuan Terbimbing, Sifat Wujud Benda

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI