PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) IPA MATERI DAUR HIDUP KUPU-KUPU KELAS IV SD SEMESTER 1DI SDN SUKORAME 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ANGGER NUR PRADATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil analisis LKS yang digunakan di SDN Sukorame 1 Kota Kediri yaitu salah satu tempat penelitian. Hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa LKS yang sering digunakan saat ini cenderung hanya berisikan rangkuman materi dan latihan soal. Hal ini menunjukkan bahwa LKS mengembangkan aspek kognitif atau pengetahuan siswa, kurang memperhatikan aspek psikomotor dan afektif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui prosedur pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) IPA materi daur hidup kupu-kupu kelas IV semester 1 di SDN Sukorame 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017. (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan hasil pengembangan LKS IPA materi daur hidup kupu-kupu kelas IV semester 1 di SDN Sukorame 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation), subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukorame 1 Kota Kediri dan SDN Tanjungrejo Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli desain LKS , validasi ahi materi IPA, validasi perangkat pembelajaran, validasi soal pre test dan post test. Kesimpulan hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Prosedur pengembangan LKS IPA materi daur hidup hewan kupu-kupu meliputi lima tahapan. Ke lima tahapan tersebut antara lain analysis, design, development, implementation, dan evaluation. (2) Kevalidan dilihat dari hasil validasi produk LKS yang meliputi, ahli desain LKS dan ahli materi diperoleh hasil 4,9 yang menunjukkan LKS IPA yang dikembangkan valid untuk digunakan, kepraktisan dilihat dari hasil angket respon guru dan respon siswa LKS IPA yang dikembangkan dapat digunakan dengan praktis dibuktikan dari uji coba terbatas dan uji coba luas di peroleh hasil rata-rata 4,6, dan keefektifan dilihat dari nilai pre-test siswa di bawah KKM sebesar 73,7. Sedangkan nilai post-test siswa di atas KKM sebesar 84,9. Berdasarkan hasil nilai post-test siswa yang melebihi KKM, maka dapat dikatakan bahwa LKS IPA yang dikembangkan efektif untuk digunakan. KATA KUNCI : Pengembangan LKS IPA, Daur Hidup Hewan Kupu-kupu.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI