PENGEMBANGAN MEDIA ELMO (ELECTRIC DYNAMO) UNTUK MENJELASKAN ENERGI ALTERNATIF DAN PENGGUNAANYA PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KEDUNGSIGIT KABUPATEN TRENGGALEK


Author (Penulis)

MUKLAS PRIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran dengan materi energi alternatif dan penggunaannya yang diajarkan di SD kelas IV masih menggunakan media yang konvensional yaitu menggunakan gambar yang ada di buku paket dan LKS. Hasilnya, siswa hanya pasif dengan mendengarkan penjelasan dari guru dan hanya melihat contoh hanya dari buku saja. Selain itu, ketertertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung menurun karena guru hanya menggunakan media berupa gambar yang tidak berwarna. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran ELMO (Electric Dynamo untuk menjelaskan energi alternatif dan cara penggunaanya pada siswa kelas IV, (2) mengetahui kepraktisan pengembangan media ELMO (Electric Dynamo) untuk menjelaskan energi alternatif dan cara penggunaanya pada siswa kelas IV, (3) mengetahui efektifitas pengembangan media ELMO (Electric Dynamo) untuk menjelaskan energi alternatif dan cara penggunaanya pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Develipment), yaitu penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah meliputi, (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD serta guru kelas IV SD. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengelola data dari hasil tinjauan ahli dan pengembangan media ELMO yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Simpulan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur utama dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) membuat desain media pembelajaran ELMO, (3) mengembangkan media ELMO, (4) mengimplementasikan media pembelajaran ELMO, dan (5) evaluasi akhir media pembelajaran ELMO. Selanjutnya hasil analisis uji coba produk menunjukkan tingkat kelayakan mencapai 90% dari dosen ahli media dan 95% dari dosen ahli materi, kepraktisan produk mencapai 93% dari dosen ahli media dan 92,75% respon positif dari guru, serta keefektifan produk mencapai 80% dari hasil ketuntasan klasikal kelompok uji coba terbatas dan 100% dari ketuntasan klasikal kelompok uji coba luas. Dengan demikian pengembangan media ELMO ini dinyatakan layak, praktis serta efektif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI