Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menjelaskan Pengungkit dan Bidang Miring Pada Siswa Kelas V SDN Bukur 1 dan 3 Nganjuk


Author (Penulis)

RERE JUNIA FRANSISCA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0016

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil wawancara guru kelas V dan pengamatan pada masing- masing sekolah bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan belum memaksimalkan penggunaan media.Akibatnya sebagian besar siswa terlihat pasif dan sulit untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam menjelaskan materi pengungkit dan bidang miring. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui pengaruh penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media visual terhadap kemampuan menjelaskan materi pengungkit dan bidang miring pada siswa kelas V SDN Bukur 3 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016-2017.(2)Mengetahui pengaruh penggunaan model konvensinal didukung media visual terhadap kemampuan menjelaskanmateri pengungkit dan bidang miringpada siswa kelas V SDN Bukur 1 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016-2017.(3)Mengetahui perbedaan pengaruh antara yang menggunakan model Two Stay Two Stray didukung media visual dibandingkan dengan penggunaan model konvensional didukung media visual terhadap kemampuan menjelaskan materi pengungkit dan bidang miring pada siswa kelas V SDN Bukur 1 dan 3 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016-2017. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest Control Grupdengan penelitian dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini sebanyak 59 siswa. Analisis yang digunakan adalah uji t dengan menggunakan prgram SPSS 23 For Windows. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat diketahui : (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap kemampuan menjelaskan materi pengungkit dan bidang miring pada siswa kelas V SDN Bukur1 Nganjuk tahun ajaran 2016/2017, dengan nilai t hitung 5,057 > t tabel 2,052 dan Sig. (2-tailed) < 0,05, (2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media visual terhadap kemampuan menjelaskan materi pengungkit dan bidang miring pada siswa kelas V SDN Bukur 3 Nganjuk tahun ajaran 2016/2017, dengan nilai t hitung 13,928 > t tabel 2,040 dan Sig. (2-tailed) < 0,05, (3) terdapat perbedaan antara penggunaan media visual dibandingkan dengan penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media visual terhadap kemampuan memahami materi pengungkit dan bidang miring pada siswa kelas V SDN Bukur 1 dan 3 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Kata kunci : Two Stay Two Stray, Media Visual, Pengungkit dan Bidang Miring

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI