Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menjelaskan Pengungkit dan Bidang Miring Pada Siswa Kelas V SDN Bukur 1 dan 3 Nganjuk
Author (Penulis)
RERE JUNIA FRANSISCA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0016
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil wawancara guru kelas V dan pengamatan pada
masing- masing sekolah bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan
belum memaksimalkan penggunaan media.Akibatnya sebagian besar siswa terlihat pasif dan sulit untuk
memahami materi yang diajarkan oleh guru. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam
menjelaskan materi pengungkit dan bidang miring. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui
pengaruh penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media visual terhadap kemampuan
menjelaskan materi pengungkit dan bidang miring pada siswa kelas V SDN Bukur 3 Kecamatan
Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016-2017.(2)Mengetahui pengaruh penggunaan model
konvensinal didukung media visual terhadap kemampuan menjelaskanmateri pengungkit dan bidang
miringpada siswa kelas V SDN Bukur 1 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran
2016-2017.(3)Mengetahui perbedaan pengaruh antara yang menggunakan model Two Stay Two Stray
didukung media visual dibandingkan dengan penggunaan model konvensional didukung media visual
terhadap kemampuan menjelaskan materi pengungkit dan bidang miring pada siswa kelas V SDN Bukur
1 dan 3 Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016-2017.
Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest Control
Grupdengan penelitian dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel
penelitian ini sebanyak 59 siswa. Analisis yang digunakan adalah uji t dengan menggunakan prgram
SPSS 23 For Windows.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat diketahui : (1) Ada pengaruh yang
signifikan penggunaan media visual terhadap kemampuan menjelaskan materi pengungkit dan bidang
miring pada siswa kelas V SDN Bukur1 Nganjuk tahun ajaran 2016/2017, dengan nilai t hitung 5,057
> t tabel 2,052 dan Sig. (2-tailed) < 0,05, (2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Two
Stay Two Stray didukung media visual terhadap kemampuan menjelaskan materi pengungkit dan bidang
miring pada siswa kelas V SDN Bukur 3 Nganjuk tahun ajaran 2016/2017, dengan nilai t hitung 13,928
> t tabel 2,040 dan Sig. (2-tailed) < 0,05, (3) terdapat perbedaan antara penggunaan media visual
dibandingkan dengan penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media visual terhadap
kemampuan memahami materi pengungkit dan bidang miring pada siswa kelas V SDN Bukur 1 dan 3
Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk.
Kata kunci : Two Stay Two Stray, Media Visual, Pengungkit dan Bidang Miring