ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT KETERCAPAIAN HASIL BELAJAR TEMA 3 SUBTEMA 2 PADA SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2 KEDIRI


Author (Penulis)

ASHABAL JANNATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0015

Abstract

Ashabal Jannati : Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Ketercapaian Hasil Belajar Tema 3 Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV SDN Sukorame 2 Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa yang memiliki perbedaan khususnya siswa kelas IV. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Perlu adanya solusi untuk mengantisipasi faktor penghambat ketercapaian hasil belajar, sehingga siswa kelas IV dapat mengoptimalkan hasil belajar tema 3 subtema 2. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hal-hal yang menjadi faktor pendukung ketercapaian hasil belajar tema 3 subtema 2 di SDN Sukorame 2 Kediri (2) untuk mengetahui hal-hal yang menjadi faktor penghambat ketercapaian hasil belajar tema 3 subtema 2 di SDN Sukorame 2 Kediri (3) untuk mendeskripsikan solusi mengantisipasi faktor penghambat ketercapaian hasil belajar tema 3 subtema 2 di SDN Sukorame 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus, yaitu penelitian untuk mencari solusi permasalahan atas suatu masalah tertentu dengan langkah-langkah meliputi, (1) prapenelitian, (2) penelitian , dan (3) pascapenelitian. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD serta guru kelas IV SD. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengelola data yaitu menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) faktor internal pendukung ketercapaian hasil belajar tema 3 subtema 2 siswa kelas 4 yaitu kemampuan siswa dan minat siswa, (2) faktor eksternal pendukung ketercapaian hasil belajar tema 3 subtema 2 siswa kelas 4 yaitu guru, (3) faktor internal penghambat ketercapaian hasil belajar tema 3 subtema 2 siswa kelas 4 yaitu kemampuan siswa dan minat siswa, (4) faktor eksternal penghambat ketercapaian hasil belajar tema 3 subtema 2 siswa kelas 4 yaitu guru, dan (5) solusi untuk mengantisipasi faktor penghambat ketercapaian hasil belajar berasal dari guru. KATA KUNCI : Analisis, faktor pendukung dan penghambat, hasil belajar tema 3 subtema 2 kelas IV.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI