PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIDUKUNG MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN TERJADINYA PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN IX KAMPUNGDALEM KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MARGARETA DIANA LAKSMINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0009

Abstract

ABSTRAK Margareta Diana Laksmini. Pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 7 dan 9 Kampungdalem kecamatanTulungagung kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Tulungagung, 2017. Kata kunci : Team Assisted Individualization,perubahan wujud benda. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda menjadi rendah dan siswa kurang aktif. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah adalah dengan model pembelajaran yang tepat dan media yang menarik yaitu model pembalajaran Team Assisted Individualization didukung media konkret. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mangajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1)Apakah model Team Assisted Individualization didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2)Apakah penggunaan model Team Assisted Individualization tanpa didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 7 Kampungdalem tahun ajaran 2016/2017? (3)Adakah perbedaan pengaruh antara menggunakan model Team Assisted Individualization didukung media konkret dibanding dengan model Team Assisted Individualization tanpa didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 7 dan9 Kampungdalem kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian eksperimen dengan Nonrandomized Control Grup Pretest-Postest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 7 Kampungdalem sebagai kelompok kontrol, Kecamatan Tulungagung, KabupatenTulungagung. Teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri atas soal pilihan ganda berjumlah 25 soal. Analisis data menggunakan rumus uji-t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1)Penggunaan model Team Assisted Individualization didukung media konkret berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 9 Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung dengan ketuntasan klasikal 93,88% hal ini terbukti dengan th=11,535>tt1%=2,770 (2)Penggunaan model Team Assisted Individualization tanpa didukung media konkret berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 7 Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung dengan ketuntasan klasikal 68,6% hal ini terbukti dengan th=7,736>tt1%=2,796 (3)Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model Team Assisted Individualization didukung media konkret dibanding dengan model Team Assisted Individualization tanpa didukungmedia konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda padasiswakelas IV SDN 7 dan 9 Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung dengan keunggulan pada penggunaan model Team Assisted Individualization didukung media konkret, hal ini terbukti dengan th=2,504>tt5%=2,007 dan hasil perbandingan rerata KE 81,11 >rerata KK 73,32.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI