Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Didukung Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perkembangan Teknologi Transportasi Serta Pengalaman Menggunakannya Pada Siswa Kelas IV SDN Tambakrejo Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

DESY WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0008

Abstract

ABSTRAK Desy Wulansari: Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Didukung Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perkembangan Teknologi Transportasi Serta Pengalaman Menggunakannya Pada Siswa Kelas IV SDN Tambakrejo Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan penerapan model talking stick. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah model pembelajaran Talking Stick didukung media Diorama berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN Tambakrejo? (2) Apakah model pembelajaran Talking Stick tanpa didukung media Diorama berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN Tambakrejo? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Talking Stick disukung media Diorama dibandingkan dengan Talking Stick tanpa didukung media Diorama terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV SDN Tambakrejo? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimental dengan posttest only control design, serta menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tambakrejo. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)Penggunaan Talking Stick didukung media Diorama berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi transportasi. (2)Penggunaan Talking Stick tanpa didukung media Diorama berpengaruh cukup signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi transportasi. (3)Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara Talking Stick didukung media Diorama dibanding Talking Stick tanpa didukung media Diorama dengan keunggulan pada penggunaan Talking Stick didukung media Diorama. Kata kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Media Diorama, Hasil Belajar, Transportasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI