PENGEMBANGAN MEDIA 3D ROTASI AWAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA KEADAAN AWAN DAN CUACA SISWA KELAS 3 SDN BURENGAN III TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WINDA APRILLIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0006

Abstract

ABSTRAK Winda Aprillia: Pengembangan Media 3D Rotasi Awan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjelaskan Hubugan Antara Keadaan Awan dan Cuaca Siswa Kelas III SDN Burengan 3 Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi di sekolah dasar Kota Kediri. Hasil observasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran masih menggunakan media gambar sederhana sehigga media belum dapat dikatakan efektif dan praktis karena kebanyakan hanya bisa digunakan sekali. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui rancangan media 3D rotasi awan untuk meningkatkan kemampuan menjelaskan hubungan antara kedaan awan dan cuaca siswa kelas III SDN Burengan 3 tahun ajaran 2016/2017. (2) Mengetahui efektifitas media yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan menjelaskan hubungan antara kedaan awan dan cuaca siswa kelas III SDN Burengan 3 tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), subjek penelitian siswa kelas III SDN Burengan 3 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli media pembelajaran, validasi ahi materi IPA, validasi perangkat pembelajaran, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan post test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil pengembangan media pembelajaran IPA didesain dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa kelas III, sehingga dalam pembuatan media ditekankan untuk mengkonkritkan materi serta memperhatikan tingkat berpikir siswa. (2) Efektifitas media dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar klasikal siswa setelah menggunaakan media yang dikembangkan mencapai 89,6% dan berdasarkan hasil respon guru mencapai 93% positif dan respon siswa mencapai 84% positif Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan adanya pengembangan media ini adalah untuk menciptakan media yang lebih inovatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. (2) Media yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif untuk digunakan di sekolah dasar. KATA KUNCI : Pengembangan, Media Pembelajaran, 3D rotasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI