PENGEMBANGAN MEDIA LINTAH (LINGKARAN PENGETAHUAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
BAYU SEPTYANT ICHWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0003
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil analisis media yang digunakan dibeberapa sekolah dasar. Hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa media yang digunakan hanya berupa media gambar 2 dimensi. Media gambar kurang menarik untuk siswa sekolah dasar dari segi tampilan, ukuran, warna dan bentuk yang kurang menarik. Selain itu media tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran karena siswa hanya mengamati media tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui rancangan pengembangan media lintah (lingkaran pengetahuan) untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Sukorame 1 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017. (2) Mengetahui efektifitas media lintah (lingkaran pengetahuan) untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang daur hidup hewan pada siswa kelas IV SDN Sukorame 1 Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation), subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukorame 1 Kota Kediri dan SDN Tanjungrejo Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli desain media, validasi ahli materi IPA, validasi perangkat pembelajaran, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan post test.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil pengembangan media lintah didesain dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa kelas IV, sehingga dalam pembuatan media didesain dalam bentuk 3 dimensi dengan ukuran, bentuk dan warna yang menarik. (2) efektifitas media dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal setelah menggunakan media yang dikembankan mencapai 92% dan berdasarkan hasil respon guru mencapai 100% dengan kriteria sangat baik dan respon siswa mencapai 86,25% dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan adanya pengembangan media ini adalah untuk menunjang pembelajaran agar lebih menarik dan membantu siswa dalam memahami materi, serta siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. (2) Media yang dikembangkan sudah efektif digunakan pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar.
Kata kunci: Pengembangan, Media Lintah, Model ADDIE.