PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V MI SYUHADA BANJARAGUNG PURI KAB. MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
Imron Fauji
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.09.0628P
Abstract
ABSTRAK
Fauji, Imron.2016. Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Pendekatan Permainan Lompat Kangguru Pada Siswa Kelas V MI Syuhada Banjaragung Puri Kab. Mojokerto Tahun Pelajaran 2015/2016. Dosen Pembimbing : Ruruh Andayani Bekti.,M.Pd.
Kata-kata kunci: Permainan lompat kanguru, lompat jauh gaya jongkok
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, proses belajar mengajar lompat jauh gaya jongkok yang berhubungan dengan hasil belajar peserta didik di MI Syuhada Banjaragung Puri Kab. Mojokerto Tahun Pelajaran 2015/2016. masih rendah dan mengalami kesulitan dalam menerapkan teknik lompat jauh gaya jongkok. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan permainan lompat kanguru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan permainan lompat kanguru peserta didik kelas V MI Syuhada Banjaragung Puri Kab. Mojokerto Tahun Pelajaran 2015/2016.
Pengumpulan data diperoleh dengan cara (1) observasi, digunakan untuk mengamati cara peserta didik melakukan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok secara langsung, (2) praktik lompat jauh gaya jongkok (3) catatan lapangan, digunakan untuk melengkapi data yang tidak tercantum dalam observasi, (4) dokumentasi, digunakan untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Data dalam penelitian ini berupa skor atau nilai hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan permainan lompat kanguru, data di analisis dengan mencari nilai rata-rata dan persentasenya.
Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan permainan lompat kanguru mengalami kenaikan yang signifikan. Pada siklus I 58, 38 % pada siklus II meningkat menjadi 84,38%. Hasil peningkatan nilai peserta didik per aspek juga mengalami peningkatan dari hasil siklus I 74,35% pada siklus II meningkat menjadi 83.41%. Penelitian lebih lanjut mengenai lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan permainan lompat kanguru sangat diperlukan guna memberi informasi lebih dan terbaru kepada guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.