PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( Student Team Achievement Division ) PADA SISWAKELAS VI SD LUQMAN AL HAKIM PLOSO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

Arif Kurniawan
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0626

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Arif 2016. Peningkatkan Hasil Belajar Pasing bawah dalam permainan bolavoli Melalui Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievement Division ) Pada Siswa Kelas VI SD Luqman Al Hakim Ploso Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Dosen Pembimbing : Wasis Himawanto,M.Or. . Kata kunci : Hasil Belajar, Pasing Bawah, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Permasalahan yang mendasar pada penelitian ini adalah dalam pembelajaran passing bawah pada siswa-siswi di SD Luqman Al Hakim Ploso Nganjuk terdapat ketidaksesuaian penerapan metode pembelajaran dengan karakteristik siswa-siswi, karena masih menggunakan cara konvensional atau tradisional sehingga hasil pembelajaran Passing bawah dalam bolavoli yang dilakukan siswa belum memenuhi target yang diharapkan oleh guru. Oleh karena itu guru menerapkan metode student teams achievement division dengan harapan adanya metode student teams achievement division siswa dapat menguasai keterampilan passing bawah pada pembelajaran bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam permainan bola voli kelas VI SD Luqman Al Hakim Ploso Nganjuk. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dipilih dalam penelitian ini sebab penulis ingin meningkatkan kualitas pembelajaran secara khusus dalam hal meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas VI SD Luqman Al Hakim Ploso Nganjuk. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam permainan bola voli kelas VI SD Luqman Al Hakim Ploso Nganjuk, yaitu rata-rata hasil belajar menunjukkan peningkatan yaitu siklus I sebesar 56,4% termasuk kriteria cukup dan siklus II sebesar 67,5% termasuk kriteria tinggi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI