Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bolavoli Pada Siswa SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun 2015


Author (Penulis)

KASNADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0616

Abstract

ABSTRAK Kasnadi. 13.1.01.09.0616P. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bolavoli Pada Siswa SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun 2015. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2015. Kata Kunci : Servis Atas, Kooperatif, pembelajaran bolavoli Permainan bolavoli merupakan jenis olahraga yang banyak menggunakan keterampilan motorik dalam melakukan setiap teknik dasar, salah satunya adalah gerakan servis atas. Untuk dapat melakukan gerakan servis atas dengan sempurna dan tepat sasaran, dibutuhkan suatu proses dan model pembelajaran yang baik. Salah satu jenis model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang meitikberatkan pada aspek kerjasama, dimana siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil yang dipilih secara heterogen. Dalam hal ini siswa diajak bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mempelajari setiap materi yang diberikan. Keberhasilan kelompok ditentukan oleh semua anggota sehingga memungkinkan bagi semua anggota kelompok bisa ikut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dan pada akhirnya dapat memberikan kecukupan belajar gerak pada siswa, artinya siswa memperoleh kesempatan yang cukup untuk mendapatkan pengetahuan dan melatih keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar servis atas bolavoli. 2. Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan hasil belajar servis atas bolavoli. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 36 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif desikriptif dan komparatif. Berdasarkan hasil analisa penelitian maka didapatkan: (1) Terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar servis atas bolavoli siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri. Hal ini berdasarkan pada hasil uji t yaitu nilai thitung 4,480 > nilai ttabel 2,03. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh pada peningkatan rata-rata hasil belajar servis atas bolavoli siswa sebesar 78,2%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-30

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI