PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN BAWAH PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII- A MTsN KERAS DIWEK JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

Supardi
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0605P

Abstract

ABSTRAK Keberadaan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan disekolah mutlak sangat diperlukan, bukan hanya sekedar untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa tetapi juga mampu memberi peningkatan gerak yang bermanfaat bagi siswa. Agar proses belajar mengajar pendidikan jasmani dapat berjalan dengan lancar, maka guru dituntut harus bisa mengembangkan cara belajar siswa untuk mendapatkan, mengelola, menggunakan dan mengkomunikasikan apa yang telah diperoleh dalam proses belajar tersebut. Dalam penelitian ini, permasalahan yang mendasar adalah dalam pembelajaran passing sepak bola pada siswa-siswi di MTsN Keras Diwek Jombang terdapat ketidaksesuaian penerapan metode pembelajaran dengan karakteristik siswa-siswi kelas VIII-A sehingga hasil passing dalam pembelajaran sepakbola yang dilakukan siswa belum memenuhi target yang diharapkan oleh guru. Oleh karena itu guru menerapkan metode student teams achievement division dengan harapan adanya metode student teams achievement division siswa dapat menguasai keterampilan passing menggunakan kaki bagian dalam pada pembelajaran sepakbola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran passing sepakbola melalui metode student teams achievement division dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII-A MTsN Keras Diwek Jombang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTsN Keras Diwek Jombang dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan metode dalam menganalisis menggunakan metode prosentase pencapaian hasil belajar. Ditinjau dari presentase penilaian hasil belajar siswa pada tiap siklus, pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 25%. Hal ini terlihat dari persentase hasil belajar passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam pada pra siklus sebesar 58%. Kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 73%. Dan meningkat lagi pada siklus 2 sebesar 83%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Student Teams Achievement Division ternyata sudah memenuhi target yang baik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP MTsN Keras Diwek Jombang. Kata Kunci : Sepakbola, passing, model pembelajaran Student Teams Achievement Division.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-01

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI