PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODEL PERMAINAN LONCAT KATAK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA KELAS V MIN REJOSO PETERONGAN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

Samsuri
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0582P

Abstract

ABSTRAK Samsuri. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Model Permainan Loncat Katak Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Kelas V MIN Rejoso Peterongan Jombang Tahun Pelajaran, 2015/2016”. Dosen Pembimbing : Ruruh Andayani Bekti, M.Pd Kata Kunci: Permainan Loncat Katak, Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok. Banyak guru yang masih menggunakan pembelajaran secara tradisional. Dalam pembelajaran tradisional ini lebih didominasi peran serta oleh siswa-siswa tertentu saja. Metode pembelajaran yang lebih mengutamakan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan juga melatih keterampilan gerak sekaligus menyenangkan adalah pembelajaran permainan, yaitu pembelajaran dimana siswa bermain dan sekaligus belajar untuk mencapai tujuan di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa kelas V MIN Rejoso Peterongan Jombang dengan tanpa diterapkan pendekatan permainan loncat katak dalam pembelajarannya, (2) hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa kelas kelas V MIN Rejoso Peterongan Jombang dengan diterapkan pendekatan permainan loncat katak dalam pembelajarannya, (3) pendekatan permainan loncat katak dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa kelas kelas V MIN Rejoso Peterongan Jombang Tahun 2015/2016. Jenis rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang melalui beberapa tahap atau siklus.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian tindakan kelas dapat didefinisikan sebagai suatu penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti di kelasnya atau bersama – sama dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipasif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses pembelajaran di kelasnya melalui suatu tindakan (treatment) tertentu dalam suatu siklus. Hasil Penelitian dari Pembelajaran Lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan pendekatan loncat katak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Rejoso Peterongan Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016. peningkatan hasil belajar Lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan pendekatan loncat katak pada pre-siklus rata –rata skor total mencapai 44%, siklus pertama rata –rata skor total mencapai 60%, atau meningkat 16 %, dan pada siklus kedua rata –rata skor total mencapai 85% atau meningkat 25 %. Kata Kunci : Permainan Loncat Katak, Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-07-31

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI