PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA SPON PADA SISWA KELAS VI SDN GUBENG 1/204 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

Mustaji
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0580P

Abstract

ABSTRAK Mustadji.2016, “Peningkatan Hasil Belajar Servis bawah Dalam Permainan Bola Voli Menggunakan Modifikasi Bola Spon Pada Siswa Kelas VI SDN Gubeng I/204 Surabaya. Dosen Pembimbing : Ruruh Andayani Bekti M.Pd Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan modifikasi bola spon dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VI SDN Gubeng I/204 Surabaya. Bentuk penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masala VI SDN Gubeng I/204 Surabaya pembelajaran Servis bawah dengan menggunakan bola spon pada siswa kelas VI SDN Gubeng I/204 Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subjek penelitian di kelas tersebut. (Trianto, 2011: 13). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modifikasi bola spon dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VI SDN Gubeng I/204 Surabaya ditunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada hasil awal mencapai 62,5%, siklus I, mencapai 70,8% dan siklus II mencapai 87,5%. Prosentase aktivitas siswa pada siklus I, mencapai 67,9% (cukup) dan siklus II mencapai 92,9% (Baik Sekali). Kata kunci : Hasil belajar, Bola Voli, servis bawah, Bola Spon

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-07-31

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI