SURVEI PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 MODO


Author (Penulis)

ARDY CAHYA NUGRAHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0535

Abstract

  Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara peneliti dengan guru pendidikan jasmani di
lapangan bahwa proses belajar mengajar sepakbola kurang terlaksana sesuai dengan ketentuan yang
tercantum dalam kurikulum Dalam proses pembelajaran olahraga sepakbola di SMP Negeri 1 Modo
memang tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Hal tersebut dapat dilihat dari setiap
melaksanakan proses pembelajaran sepakbola tidak dilaksanakan di lingkungan sekolah. Setelah penulis
melakukan wawancara langsung dengan beberapa siswa SMP Negeri 1 Modo yang menyatakan bahwa,
di SMP Negeri 1 Modo tidak tersedianya prasarana yang lengkap dan memadai.  
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap proses pembelajaran
olahraga sepakbola di SMP Negeri 1 Modo? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan  mendapatkan  informasi tentang persepsi siswa di SMP Negeri 1 Modo terhadap proses
pembelajaran olahraga sepakbola
Pendekatan yang digunakan penelitian disini yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik Penelitian ini
menggunakan teknik penelitian deskriptif, Pengambilan sampel secara random sampel ditetapkan
dengan mengambil 69 siswa dari 530 siswa. Instrument yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah
angket yang memiliki reliabilitas Cronbach Alpha 0,97. Teknik analisa data menggunakan rumus
persentase.
Berdasarakan hasil penelitian, diperoleh persepsi siswa SMP Negeri 1 Modo terhadap olahraga
sepakbola pada sub indikator pengetahuan memiliki persentase 70 % diklasifikasi baik, sub indikator
pengalaman memiliki tingkat persentase 57% diklasifikasikan cukup, untuk sub indikator manfaat
memiliki tingkat persentase 61% diklasifikasikan baik.
Kesimpulan  dalam penelitian menyatakan bahwa persepsi siswa SMP Negeri 1 Modo terhadap
proses pembelajaran olahraga sepakbola memiliki tingkat persentase 63% diklasifikasikan baik, artinya
37% berkemungkinan dipengaruhi oleh faktor lain seperti minat, motivasi dan lainya yang belum diteliti.

KATA KUNCI  : Persepsi, Pembelajaran, Olahraga, Sepakbola


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 1990a. Manajemen Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 1998b. Manajemen Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional.(2003).
UU RI No. 20 Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana. 1989. Metode Statistik. Bandung:
Tarsito.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun
 
2005. Tentang Badan Standar
Nasional Pendidikan (BNSP).
Jakarta.


PUBLISHED

2020-02-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI