MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLAVOLI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 RENGING JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MUH. HUSNUL YAZID
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.09.0448P
Abstract
ABSTRAK
Muh. Husnul Yazid: Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Permainan Bola Voli Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Driil Dan Bermain Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Renging Jepara Tahun Ajaran 2015/2016 , Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UNP PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang sedang dalam taraf belajar teknik dasar bolavoli, sehingga hasil belajar yang diperoleh masih kurang. Pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah pendekatan pembelajaran driil dan bermain.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan pendekatan pembelajaran driil dan bermain dapat meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bolavoli siswa kelas VI SD Negeri 2 Renging Jepara Tahun Ajaran 2015/2016?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri 2 Renging Jepara. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.
Dari penelitian yang dilakukan ada peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 8,3 dan peningkatan nilai prosentase sebesar 33,3%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran driil dan bermain dapat meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bolavoli siswa kelas VI SD Negeri 2 Renging Jepara Tahun Ajaran 2015/2016.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian disarankan (1) Penelitian ini dapat dijadikan pedoman terutama bagi guru penjasorkes di sekolah lain. (2) Atas dasar hasil penelitian yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dapat digunakan untuk mencari calon atlet bolavoli dan dapat digunakan sebagai metode dalam pelatihan bolavoli.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Driil, Bermain.