EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ROLL BELAKANG PADA SISWA KELAS VI SDN 1 BULUROTO BANJAREJO BLORA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BAMBANG SUPRIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0423P

Abstract

ABSTRAK Bambang Supriyanto, NPM: 13.1.01.09.0423P, PTK: “ Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Archievement Division Untuk Meningkatkan Motivasidan Hasil Belajar Roll Belakang Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Buluroto Banjarejo Blora Tahun Pelajaran 2015/2016”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : ModelBelajar STAD, Motivasi, HasilBelajar. Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar roll belakang siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatife STAD.Penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, pada tiap siklusnya terdiri dari perencanan, pelaksanan, observasi, dan refleksi.Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VI SDN 1 Buluroto Banjarejo, Blora tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 15 siswa, 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan, dan dilaksanakan dari tanggal 05 Oktober sampai 26 November 2015. Data analisis motivasi dan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dan II didapatkan nilai rata-rata klasikal untuk motivasi belajar siklus I sebesar 73,2 sedangkan siklus II sebesar 86,6 peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa siklus I ke siklus II sebesar 13,4. Jumlah siswa yang termotivasi pada siklus I sebanyak 5 siswa, sedangkan pada siklus II sebanyak 15 siswa, terjadi peningkatan jumlah siswa yang termotivasi sebanyak 10 siswa.Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,6, siklus II sebesar 87,6, terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 12 .Prosentase hasil motivasi belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 33,3%, siklus II sebesar 100%, terjadi peningkatan prosentase motivasi belajar siswa sebesar 66,7 %. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 40%, padasiklus II sebesar 100%, terjadi peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 60%. Berdasarkan hasilanalisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar roll lbelakang siswa meningkat melalui penerapan model belajar Kooperatiftipe STAD pada siswa kelas VI SDN 1 Buluroto, Banjarejo, Blora tahun pelajaran 2015/2016. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru penjaskesrek untuk mengunakan model pembelajaran koperatiftipe STAD karena efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar roll belakang siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-07-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI