PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PART AND WHOLE TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 6 KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

SUKADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0415P

Abstract

ABSTRAK SUKADI: “Pengaruh Metode Pembelajaran Part And Whole Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kediri Tahun 2015”. Skripsi, Penjaskesrek, FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata kunci : metode part and whole, Servis bawah, permainan bolavoli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode pembelajaran part dan whole terhadap hasil belajar servis bawah permainan bolavoli pada siswa kelas VIII SMPN 6 Kediri tahun 2015. (2) Latihan manakah yang lebih baik pengaruhnya antara metode pembelajaran bagian dan metode keseluruhan terhadap hasil belajar servis bawah permainan bolavoli pada siswa kelas VIII SMPN 4 Kediri tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Kediri tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 28 siswa. Penelitian inimerupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran tes kemampuan servis bawah (Pusat pengembangan kualitas jasmani Departemen Pendidikan Nasional 2003). Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian: Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes awal dengan t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung = 0,321 dan ttabel = 2,160 (thitung < ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 1 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 8,668 dan ttabel = 2,160 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 2 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 3,550 dan ttabel = 2,160 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung = 2,460 dan ttabel = 2,160 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil perhitungan persentase peningkatan kemampuan teknik servis bawah permainan bolavoli diketahui bahwa kelompok 1 memilki peningkatan sebesar 73,07% dan kelompok 2 memiliki peningkatan 38,00%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh antara metode pembelajaran part dan whole terhadap hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMPN 4 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. (2) Metode part lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan metode whole pada hasil belajar servis bawah bola voli dimana nilai persentase peningkatan hasil belajar servis bawah bola voli metode bagian ( part ) 73,07%. Sedangkan metode keseluruhan( whole ) memiliki peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli sebesar 38,00%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI