PENGARUH MODIFIKASI ALAT TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA SMPN 6 KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

WIYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0414P

Abstract

ABSTRAK WIYONO. NPM : 13.1.01.09.0414P. Pengaruh Modifikasi Alat Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa SMPN 6 Kediri Tahun 2015.”. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Modifikasi Alat, Passing Bawah, Bola Voli Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Dari proses kegiatan belajar mengajar peneliti mengamati terdapat berbagai permasalahan yang timbul dan mengakibatkan hasil belajar yang dikuasai siswa hanya mencapai 60% dari hasil maksimal yang seharusnya dikuasai. Hal-hal permasalahan berikut di atas disebabkan karena terbatasnya peralatan yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar dan terlalu berat untuk siswa terutama siswa putri, sehingga dengan dimikian peneliti menggunakan alat yang dimodifikasi agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan lancar, baik dan lebih optimal untuk memperoleh hasil yang maksimal. Dan juga lebih mudah, murah dalam memperoleh alat modifikasi tersebut. Sehingga peneliti mengangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh modifikasi alat terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMPN 6 Kediri Tahun 2015. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang ada tidaknya pengaruh modifikasi alat terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMPN 6 Kediri Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran dengan diberikan perlakuan. Sedangkan desain yang digunakan adalah desain control group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Kediri tahun ajaran 2014- 2015 diambil sebanyak 2 kelas yang berjumlah 70 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes passing bawah dan pembelajaran paassing bawah dengan modifikasi alat. Analisis data yang digunakan adalah t-test, dimana modifikasi alat (X) sebagai variabel bebas dan hasil belajar passing bawah dalam bola voli (Y) sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 4,71. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada pengaruh modifikasi alat terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMPN 6 Kediri tahun 2015 dapat diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI