PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA PUTRA SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

SUPRIYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0411P

Abstract

ABSTRAK SUPRIYADI: “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Dribble Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Putra SMK PGRI 4 Kediri Tahun 2015”. Skripsi, Penjaskesrek, FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata kunci: metode demonstrasi, dribble, permainansepak bola. Teknik dasar sepakbola akan lebih menjadi maksimal, terutama apabila menggunakan model pembelajaran kreatif dan efisien dengan menggunakan metode demonstrasi.Metode Demonstrasi merupakan salah satu metode atau pendekatan dalam pembelajaran yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas, Demonstrasi juga merupakan suatu metode pembelajaran yang efektif.Metode demonstrasi merupakan metode yang sangat efektif dalam membantu anak didik untuk menjawab kebutuhan belajarnya dengan usaha sendiri berdasarkan fakta dan data yang jelas dan benar yang diperolehnya dari demonstrasi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar dribble permainan sepak bolapadasiswaputra SMK PGRI 4 Kediri tahun 2015. . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 30 siswa. Penelitian inimerupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran tes kemampuan servis bawah (Pusat pengembangan kualitas jasmani Departemen Pendidikan Nasional 2003). Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian: Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes awal dengan t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung= 0,321 dan ttabel = 2,160 (thitung< ttabel).Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 1 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung=8,668 dan ttabel = 2,160 (thitung> ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 2 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 3,550 dan ttabel = 2,160 (thitung> ttabel). Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung =2,460 dan ttabel = 2,160 (thitung> ttabel). Berdasarkan hasil perhitungan persentase peningkatan kemampuan driblingdalam permainansepak bola diketahui bahwa kelompok 1 memilki peningkatan sebesar 73,07% dan kelompok 2 memiliki peningkatan 38,00%. Kesimpulan penelitian ini adalah(1) Ada pengaruh antara metode demonstrasi terhadap hasil belajar driblle dalam permainan sepak bola pada siswa putra SMK PGRI 4 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. (2) Metode demonstras ilebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan metode langsung atau komando pada hasil belajar driblle dimana nilai persentase peningkatan hasil belajar dribling menggunakan metode demonstrasi 73,07%. Sedangkan metode komando memiliki peningkatan hasil belajar dribling sebesar 38,00%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI