PENGARUH MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SASARAN TETAP DAN SASARAN BERUBAH ARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GROGOL TAHUN AJARAN 2018-2019


Author (Penulis)

PANDU NOVAN ARDIANTAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0393

Abstract

Pandu Novan Ardiantama : Pengaruh Latihan Shooting  Menendang  Sasaran Tetap Dan Sasaran Berubah Arah Terhadap Hasil Shooting Sepak Bola Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Grogol Tahun Ajaran 2017-2018

 

 

Kata Kunci : Latihan Shooting, Sasaran Tetap, Sasaran Berubah Arah, Hasil Shooting

 

             Penelitian in dilatar belakangi oleh rendahnya hasil shooting, rendahnya hasil shooting  sepak bola karena kurangnya pengembangan metode pembelajaran yang bervariasi oleh guru pembimbing dan pada akhirnya siswa merasa kurang senang terhadap pembelajaran yang dihadapi, nilai rata-rata dalam pembelajaran sepak bola pada kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol.

            Permasalahan Penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh modifikasi media pembelajaran latihan sasaran tetap terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol Tahun Ajaran 2017-2018 (2) Apakah ada pengaruh modifikasi media pembelajaran latihan sasaran berubah arah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol Tahun Ajaran 2017-2018 (3) Apakah ada pengaruh modifikasi media pembelajaran latihan sasaran tetap  dan sasaran berubah arah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol Tahun Ajaran 2017-2018 ?

            Dalam memilih metode penelitian yang digunakan, diperlukan ketelitian sehingga nantinya akan diperoleh hasil yang sesuai dengan harapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen karena data yang ingin diteliti belum ada atau baru akan ditimbulkan, seperti yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto yaitu jika peneliti ingin mengetahui gambaran data secara sengaja ditimbulkan, maka penelitiannya berbentuk eksperimen (2006: 14).

Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa : (1)Ada pengaruh yang signifikan antara modifikasi media pembelajaran menggunakan latihan sasaran tetap terhadap hasil belajar sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol tahun ajaran 2017-2018, dengan nilai rx1.y = 0,524 > r(0.05)(27) = 0,497.(2)Ada pengaruh yang signifikan antara modifikasi media pembelajaran menggunakan latihan sasaran berubah arah terhadap hasil belajar sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol tahun ajaran 2017-2018, dengan nilai rx2.y = 0,625 > r(0.05)(27) = 0,497. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara modifikasi media pembelajaran menggunakan latihan sasaran tetap dan latihan sasaran berubah arah terhadap hasil belajar sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol tahun ajaran 2017-2018 dengan nilai rx1.2.y = 0,576 > r(0.05)(27) = 0,497.


Keyword

SASARAN TETAP DAN SASRAN BERUBAH ARAH

Reference

Ahmadi, H. 2007. Panduan olahraga bola voli. Surakarta : Era Pustaka Utama

 

Alimul,  A.  2003.  Riset  Keperawatan  dan  Teknik  Penulisan  Ilmiah. Jakarta.Salemba Medika.

 

Muhajir. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan : Yudhistira Ghalia Indonesia

Mukholid, A. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan : Yudhistira

Mulyono, RWA. 2013. Skripsi “Pengaruh Leg Press Terhadap peningkatan Tinggi Lompatan (Vertical Jump) Pada pemain badminton. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Suraakarta

Nugroho, S. 2015. Kerjasama dan Pembinaan Olahraga Dalam Membangun Karakter Dan Mentalitas Bangsa. Yogyakarta : FIK Universitas Negeri Yogyakarta

 

Pranatahadi, SB. 2010. Sejarah Bola Voli. Yogyakarta : PBVSI

 

Pudjiadi, A., dan Hegar, HB. 2010. Pedoman Pelayanan Medis Ikatan Dokter Anak Indonesia. Jakarta : IDAI


PUBLISHED

2019-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade