HUBUNGAN KECEPATAN REAKSI DAN KOORDINASI MATA-TANGAN DENGAN KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DRIVE PADA PERMAINAN TENIS MEJA SISWA PUTRA KELAS X SMK PGRI MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG


Author (Penulis)

AVIT KURNIA WARDOYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0339

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena latihan untuk meningkatkan kecepatan reaksi dan koordinasi mata-tangan belum begitu berkembang pada cabang olahraga tenis meja. Karena kurangnya model latihan beban untuk meningkatkan kecepatan reaksi dan koordinasi mata-tangan untuk permainan

tenis meja sehingga kedua komponen biomotor ini tidak begitu diperhatikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kecepatan reaksi dan koordinasi  mata-tangan dengan ketepatan pukulan forehand drive pada permainan tenis meja.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  penelitian deskriptif menggunakan teknik korelasional. Dengan Kecepatan Reaksi merupakan Variabel X1, variable X2 adalah Koordinasi Mata-Tangan dan Variabel Y nya adalah Ketepatan Pukulan Forehand Drive.  Hasil penelitian menunjukkan analisis uji-F pada Ftabel dengan df (30-1 = 29 diperoleh nilai Ftabel sebesar 3,33 (taraf signifikan 5%). Dari hasil uji-F diperoleh nilai Fhitung = 10,130 > Ftabel = 3,33 dengan sig. 0,001 <0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada kontribusi yang signifikan dari kecepatan reaksi terhadap ketepatan pukulan forehand drive sebesar 63,5%. (2) Ada kontribusi yang signifikan dari koordinasi mata-tangan terhadap ketepatan pukulan forehand drive sebesar 16,2%. (3) Ada kontribusi yang signifikan dari kecepatan reaksi dan koordinasi mata-tangan terhadap ketepatan pukulan forehand drive sebesar 65,5%.

KATA KUNCI  : Kecepatan Reaksi, Koordinasi, Forehand Drive.


Keyword

KECEPATAN REAKSI DAN KOORDINASI MATA-TANGAN DENGAN KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DRIVE

Reference

Achmad Damiri & Nurlan Kusmaedi. (1991). Olahraga Pilihan Tenis Meja. Bandung : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Aip Syarifudin. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1. Jakarta: PT. Rosda Jaya Putra.

A.M. Bandi Utama dkk. (2004). “Kemampuan bermain Tenis Meja Studi Korelasi antara Kelincahan dan Kemampuan Pukulan dengan Kemampuan
Bermain Tenis Meja”. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FIK Universitas
Negeri Yogyakarta.

Albertus, Faruq. (2015) Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: Andi    Offset.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Nasional. (2013). Buku Panduan Bimtek Klub                            Olahraga Cabor Permainan Tenis Meja. Bandung.

Dwi Priyatno, 2008. Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik), Yogyakarta: MediaKom.

Fakhrur Rozy. (2015). Kontribusi Kecepatan Reaksi Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive  Pada Permainan Tenis Meja. Skripsi: FIK UNY

Gunawan, Hendra. (2013). Hubungan Antara Kecepatan Reaksi dan Fleksibilitas Pergelangan Tangan dengan Hasil Service Forehand Sidespin Pada Permainan Tenis Meja. Skripsi. FIK UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Hodges, Larry. (2007). Step to Succes Tenis Meja Tingkat Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Salim, Agus. (2008). Buku Pintar Tenis Meja. Bandung: Nuansa.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno, H.P. (1981). Ilmu Coaching Umum. (Diktat). Yogyakarta.

Sukadiyanto. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.

Sutrisno Hadi. (1991). Statistik Jilid II. Yogyakarta: Andi Offset.

Tatag Effendy.  (2011). “ Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan dengan Ketepatan Melempar Bagi Anggota UKM Softball-Baseball Putra UNY”. Laporan penelitian.

 

Tomoliyus. (2012). Pengembangan Instrumen Kemampuan Ketepatan Forehand, Backhand Drive dalam Permainan Tenis Meja.

 


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade