Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Media Modifikasi Pembelajaran Tahu Takwa Di Kelas V SD Negeri Grogol 1 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

REVALDO LAKSAMANA ARDIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0336

Abstract

Ciri siswa pada sekolah dasar adalah bergerak. Setiap anak menggunakan seluruh waktunya untuk bergerak, yaitu gerakan kasar yang menggunakan sebagian besar tubuhnya, seperti berlari, melompat, dan melempar. Ia juga melakukan gerakan tub seperti menggunting, menempel, dan mendorong. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah Dengan Menggunakan Media “Tahu Takwa” Dapat Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD Negeri Grogol 1 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun 2017 2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Grogol 1. Penelitian dilaksanakan dalam ti instrumen berupa RPP, lembar penilaian proses dan lembar penilaian psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui media modifikasi “tahu takwa” selama 2 siklus d lompat jauh. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi yang menerangkan bahwa pada hasil sebelum dilakukan tindakan siswa yang mendapat nilai mencapi KKM baru sejumlah 16 siswa atau 64%, pada siklus I terjadi penambahan jumlah s yaitu menjadi 19 siswa 76%, dan pada siklus II jumlah siswa yang memiliki kemampuan lompat jauh sama atau di atas KKM sebanyak 23 siswa atau 88%. Hal ini membuktikan bahwa media “tahu takwa” dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI