Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Media Modifikasi Pembelajaran Tahu Takwa Di Kelas V SD Negeri Grogol 1 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018
Author (Penulis)
REVALDO LAKSAMANA ARDIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.09.0336
Abstract
Ciri siswa pada sekolah dasar adalah bergerak. Setiap anak menggunakan seluruh waktunya
untuk bergerak, yaitu gerakan kasar yang menggunakan sebagian besar tubuhnya, seperti berlari,
melompat, dan melempar. Ia juga melakukan gerakan tub
seperti menggunting, menempel, dan mendorong.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
Apakah Dengan Menggunakan Media “Tahu Takwa” Dapat Meningkatkan Kemampuan Lompat
Jauh Pada Siswa Kelas V SD Negeri Grogol 1 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun 2017
2018?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subyek
penelitian siswa kelas V SD Negeri Grogol 1. Penelitian dilaksanakan dalam ti
instrumen berupa RPP, lembar penilaian proses dan lembar penilaian psikomotor.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
lompat jauh melalui media modifikasi “tahu takwa” selama 2 siklus d
lompat jauh. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi yang menerangkan bahwa pada hasil sebelum
dilakukan tindakan siswa yang mendapat nilai mencapi KKM baru sejumlah 16 siswa atau 64%,
pada siklus I terjadi penambahan jumlah s
yaitu menjadi 19 siswa 76%, dan pada siklus II jumlah siswa yang memiliki kemampuan lompat jauh
sama atau di atas KKM sebanyak 23 siswa atau 88%. Hal ini membuktikan bahwa media “tahu
takwa” dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh.