ABSTRAK
Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan hendaknya sejalan dengan proses belajar mengajar yang memiliki beberapa unsur, yakni materi, metode pembelajaran, sarana dan prasarana yang tersedia dan tenaga pendidik. Peneliti disini akan mengungkapkan pengaruh menggunakan media video terhadap kemampuan passing bawah bolavoli siswa kelas VII SMP.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Adakah pengaruh terhadap siswa kelas VII SMP dalam pemberian media pembelajaran berupa video dalam kemampuan passing bawah bolavoli?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek siswa kelas VII-A SMP N 3 Grogol. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest posttest design.Penelitian dengan jumlah populasi 120 anak. Peneliti mengambil sampel 25 anak dari 120 siswa kelas VII. Terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 anak perempuan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan passing bawah siswa kelas VII-A SMP N 3 Grogol sebelum diberikan pembelajaran berbasis video mendapatkan nilai rata-rata 13,28, yang artinya kemampuan passing bawah siswa masih rendah. (2) kemampuan passing bawah siswa kelas VII-A SMP N 3 Grogol setelah diberikan pembelajaran berbasis video mendapatkan nilai rata-rata 16,64, yang artinya terdapat peningkatan terhadap kemampuan passing bawah siswa. (3) terbukti dari hasil perhitungan menggunakan SPSS, pembelajaran video berpengaruh signifikan terhadap kemampuan passing bawah siswa kelas VII-A SMP N 3 Grogol.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan passing bawah siswa kelas VII-A tanpa didukung media pembelajaran berupa video masih kurang aktif dengan nilai rata-rata 13,28. (2) kemampuan passing bawah siswa kelas VII-A didukung media pembelajaran berupa video meningkat dengan nilai rata-rata 16,64. (3) ada pengaruh menggunakan media pembelajaran berupa video terhadap kemampuan passing bawah bolavoli siswa kelas VII-A SMP.
KATA KUNCI : media pembelajaran berupa video dan passing bawah bolavoli
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi. N. 2007. Panduan Olahraga Bolavoli. Surakarta: Era Pustaka Utama.
Arikunto. S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Munawar. A. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Mini Melalui Permainan Bola Berantai Siswa SMP. PTK. Tidak Dipublikasikan. Kediri.
Ngadenan. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Dan Strategi Pembelajaran Kesehatan Olahraga. Kediri
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Widiastuti. 2015. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.