HUBUNGAN ANTARA KESEIMBANGAN, KELENTUKAN DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN KETEPATAN MENENDANG KEARAH GAWANG PADA ATLET DI SSB COLOMBO USIA 15-16 TAHUN 2018


Author (Penulis)

SYAMSUL HUDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0251

Abstract

Abstrak

Syamsul Huda: Hubungan Antara Keseimbangan, Kelentukan dan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan ketepatan menendang ke arah gawang Pada Atlet Di SSB Colombo Desa Kaliombo Kota Kediri Usia 13-15 Tahun, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.

Penelitian ini memiliki latar belakang dari kemampuan dasar bermain sepakbola dari SSb Colombo yang kurang baik. Pengamatan yang dilakukan peneliti saat latihan rutin mendorong pemikiran untuk melakukan penelitian dengan variabel keseimbangan, kelentukan dan daya ledak otot tungkai dengan ketepatan menendang ke arah gawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini sebanyak 30 atlet SSb Colombo usia 15-16 tahun.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan dengan ketepatan menendang ke arah gawang pada pemain SSb Colombo usia 15-16 tahun sebesar 4,4%, (2) Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan dengan ketepatan menendang ke arah gawang pada pemain SSb Colombo usia 15-16 tahun sebesar 4,7%, (3) Ada hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dengan ketepatan menendang ke arah gawang pada pemain SSb Colombo usia 15-16 tahun sebesar 15,1%, (4) Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan, kelentukan dan daya ledak otot tungkai dengan ketepatan menendang ke arah gawang pada pemain SSb Colombo usia 15-16 tahun sebesar 19%.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini daya ledak otot tungkai memiliki hubungan yang paling besar diantara semua variabel. Untuk peneliti berikutnya dapat melengkapi penelitian ini dengan menambah jumlah variabel yang diteliti.

 

Kata kunci: sepakbola, Keseimbangan, Kelentukan dan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan ketepatan menendang ke arah gawang.


Keyword

KESEIMBANGAN, KELENTUKAN, DAYA LEDAK DAN KETEPATAN MENENDANG

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Batty, C.E. 2007. Latihan Sepak Bola Metode Baru Serangan. Bandung. Pioner Jaya.

Bayu, Mahardika. 2012. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dan Kedisiplinan anak Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sulusari Tahun Ajaran 2010/2011. Surakarta: Skripsi  UMS.

Bompa, T.O. 1983. Theory And Methodology Of Training.IOWA : Kendal Hunt Publishing Company.

Fenanlampir, Albertus dan Muhammad Muhyi. 2015. Tes dan Pengukuran dalam Olahraga, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Fox, E.L., Bowers, R.W., Foss, M.L. 1993. The Physiological Basis Of Exercise And Sport : Five Edition. Madison Wisconsin: WCB Brown and Benchmark.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: P2LPTK. Depdikbud.

Hidayat, W. 2017. Buku Pintar Sepakbola. Jakarta. Anugrah.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade