UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN AKURASI SMASH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN SMASH POIN PADA SISWA KELAS VII SMP BHAKTI NUSA PLOSOKLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

EVI ALVIANIKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0233

Abstract

Abstrak Evi Alvianiko : Upaya Peningkatan Kemampuan Akurasi Smash Bola Voli dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Permainan Smash Poin pada Siswa Kelas VII SMP Bhakti Nusa Plosoklaten tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Kata kunci: akurasi smash, bola voli, metode pembelajaran, smash poin. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pelajaran penjasorkes di SMP Bhakti Nusa Plosoklaten masih didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari kemampuan akurasi smash bola voli yang tergolong masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada peningkatan akurasi smash bola voli dengan menggunakan metode pembelajaran permainan smash poin pada siswa kelas VII SMP Bhakti Nusa Plosoklaten?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII SMP Bhakti Nusa Plosoklaten. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan, menggunakan instrument berupa RPP, lembar kertampilan siswa, lembar observasi aktifitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan akurasi smash menggunakan metode pembelajaran permainan smash poin pada siswa kelas VII SMP Bhakti Nusa Plosoklaten mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I, siswa yang ditanyatakan tuntas dalam ketrampilan smash adalah 26 siswa atau dalam persentase 72,22% dan yang tidak tuntas 10 siswa atau dalam persentase 27,78%. Pada siklus I secara klasikal telah mencapai indikator keberhasilan mencapai 72,22%, namun ada beberapa hal yang menjadi masalah baru dalam penelitian, diantaranya kurangnya teknik penguasaan siswa dalam melakukan smash. Sebagai contoh dalam tahap awalan dan tahap meloncat, masih banyak siswa yang tidak melakukan gerakan dengan benar, sehingga peneliti meneruskan pada penelitian siklus II dan diperoleh data siswa yang tuntas dalam ketrampilan smash adalah 28 siswa atau dalam persentase 77,78% dan kategori tidak tuntas adalah 8 siswa atau dalam persentase 22,22%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan akurasi smash bola voli dengan menggunakan metode pembelajaran permainan smash poin pada siswa kelas VII SMP Bhakti Nusa Plosoklaten tahun pelajaran 2017/2018.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI