Pembangunan dibidang pendidikan adalah upaya yang sangat menentukan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dimana salah satu upaya itu adalah untuk mewujudkan manusia yang sehat, kuat, terampil dan bermoral melaluipendidikan jasmani. Perkembangan pendidikan diarah gunakan untuk membentuk jasmani yang sehat dan mental yang baik, agar dapat menghasilkan generasi muda yang baik, disiplin dan bertanggung jawab.
Survei adalah pemeriksaan atau penelitian secara komprehensif. Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan menyebarkan angket kuesioner atau wawancara dengan tujuan mengetahui siapa mereka, apa yang dipikir, apa yang mereka rasakan atau kecenderungan suatu tindakan. Minat merupakan suatu keinginan yang dimiliki oleh seseorang secara sadar. Minat mendorong seseorang untuk memperoleh subyek khusus, aktifitas, pemahaman, dan ketrampilan untuk tujuan perhatian ataupun pencapaian yang diinginkan. Minat merupakan masalah yang paling penting dalam pendidikan, apalagi bila berkaitan dengan aktifitas seseorang dalam kehidupan sehari-hari. minat yang ada dalam diri seseorang akan memberikan gambaran dalam aktifitas untuk mencapai suatu tujuan
Jenis penelitian ini bersifat Deskriptif Kuantitatif. Pada penelitian ini dalam menentukan sampel menggunakan Random Sampling, yaitu pengambilan sampel secara random atau tanpa pandang bulu dengan cara undian. Dari populasi di atas nanti yang akan di jadikan sampel 150 anak/siwa yang di ambil bedasarkan populasi tertinggi dari setiap sekolah dengan cara pengambilan secara acak dengan jumlah sempel bedasarkan sekolah yaitu: SMPN 1 Pare (40 siswa), SMPN 2 Pare (50 siswa), SMPN 3 (30 siswa), dan SMPN 4 Pare (30 siswa) yang di jadikan penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat di ambil kesimpulan bahwa minat siswa putra kelas VIII putra dalam mengikuti pelajaran pendidik jasmani di SMPN Se-Kecamatan Pare Tahun ajaran 2017/2018 adalah sedang dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berapa pada kategori sedang dengan 78 siswa atau 65%. Minat siswa dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di SMPN Se-Kecamatan Pare Tahun ajaran 2017/2018 yang berkategori sangat tinggi 20 siswa atau 13,33%, tinggi 19 siswa atau 12.67%, sedang 80 siswa atau 53.33%, rendah 20 siswa atau 13,33%, sangat rendah 11 siswa 7,33%.
Arif. Rahmam. 2011, Investasi Cerdas. Jakarta : Gagah Media.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Bahari, Djamarah Saiful (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
B. Suryoboroto, (1988). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta. Jakarta
Gus Budi Guntara. (2005). Minat Siswa Kelas V SD Gedong Tengen Yogyakarta Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
Hadianto, Siti Rahayu. 2007.”Psikologi Perkembangan, Pengantar dalam berbagai bagiannya”. Gadjah Mada University Press.
H. Abdul Hadis. 2010. Psikologi dalam pendidikan. Alfabeta. Bandung
Husdarta. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Kependidikan Dan Kebudayaan.
Hamalik, Oemar (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hastuti, Tri Ani. 2008. Jurnal UNY. Yogyakarta. UNY
Lutan, Rusli (2007). Evaluasi Pendidikan Jasmani. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Septianingrum Sunaryo. 2016. Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMP Negeri 2 Tempel Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Online
Samsudin (2008). Pembelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehartan. Jakarta : PT Pajar Interpratama.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sujanto, Agus (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara
Sutrisno Hadi. (1991). Analisis Butir Untuk Instrumen, Angket, Tes dan Skala Nilai dengan Basica. Yogyakarta: Andi Offset.
Sudjono, Anas. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada 1996
Syaiful Bahri Djamarah. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. ALFABETA
Purwanto, Ngalim. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung. Roskadakarya.
Zidmund. W. G. 1997. Business Research Methods. Fifht Edition. New York : The Dryden Press Harcourt Brace College Publishers.